Pengaruh Motivsi Belajar Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Keywords:
pembelajaran dalam jaringan, motivasi, hasil belajarAbstract
Pembelajaran dalam jaringan sebagai pembelajaran paling relevan di era pandemi Coronavirus Disease (covid-19). Guru dan siswa dituntut dapat beradaptasi pada pembelajaran secara dalam jaringan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa ketika mengikuti proses pembelajaran dalam jaringan dan pengaruhnya terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bersifat ex post facto. Data motivasi belajar diperoleh dengan instrumen angket dan data hasil belajar diperoleh dengan teknik dokumentasi yaitu nilai ulangan siswa. Subjek siswa kelas SMA kelas X. Jumlah subjek 60 siswa. Temuan penelitian, hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Hasil analisis independent sample test (teknik uji t) menunjukkan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar subjekyang memiliki motivasi belajar tinggi dengan kelompok subjek yang memiliki motivasi belajar rendah. Temuan penelitian ini akan dilakukan pembahasan lebih lanjut.
References
Sanfeliz M, Stalzer M. 2003. Science motivation in the multicultural classroom. The Science Teacher. 70(3):64 – 66.
Sobral, DT. 2004. What kind of motivation drives medical students’ learning quests? Medical Education. 38:950–957.
Hadre P. Crowson H, Debacker T, White D. 2007. Predicting the academic motivation of rural high school students. Journal of Experimental Education. 2007;75:247-269.
Carl Wieman. (2013). Science Education Initiative. Motivating learning. Available:http://eprints.lancs.ac.uk/3688/.
Bakar R. (2014). The effect of learning motivation on student’s productive competencies in vocational high school, west Sumatra. International Journal of Asian Social Science. 4(6):722-732.
Vansteenkiste M, Simons J, Lens W, Soenens B. Matos L. (2005). Examining the motivational impact of intrinsic versus extrinsic goal framing and autonomysupportive versus internally controlling communication style on early adolescents’ academic achievement. Child Development. 76:483–501.
Bakar R. (2014). The effect of learning motivation on student’s productive competencies in vocational high school, west Sumatra. International Journal of Asian Social Science. 4(6):722-732.
Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Laerning. London: Allymand Bacon.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Meilaha Dwi Astuti, Agus Widodo, Yunita Dwi Pristiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.