Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Sinkron dan Asinkron Terhadap Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kediri

Authors

  • Sella Maxcisa Firginia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Etty Andyastuti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Agus Widodo Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

pembelajaran jarak jauh, sinkronus, asinkronus, hasil belajar PPKn

Abstract

Awal tahun 2000 pembelajaran tatap muka di ruang kelas tidak diperbolehkan sebagai salah satu dampak coronavirus disease 19 pada dunia pendidikan. Hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, proses pembelajaran secara daring pada umumnya dilakukan secara sinkronous dan secara asinkronous. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan metode pembelajaran daring yang sinkronous atau metode pembelajaran daring yang asinkronous yang lebih efektif meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek siswa SMA kelas X. Instrumen penelitian berupa RPP untuk mata pelajaran PPKn baik yang menggunakan metode pembelajaran daring sinkronous maupun yang asinkronous dan test hasil belajar PPKn (tes pilihan ganda dan esai). Hasil belajar subjek menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan metode sinkronous secara rata-rata lebih baik daripada kelas yang menggunakan metode asinkronous. Hasil analisis independent sample test (teknik uji t) menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Berdasarkan temuan penelitian ini akan dilakukan pembahasan lebih lanjut.

References

Cao, Qidong., Griffin, Thomas & Bai, Xue. 2009.The Importance of Synchronous Interaction for Student Satisfaction with Course Web Sites.Journal of Information Systems Education.Vol.20.

Mamahit, CEJ.2021. Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Model Bauran Terhadap Hasil Belajar Dan Persepsi Mahasiswa (The Effect Of The Blended Learning Model On Student Learning Outcomes And Perceptions). Jurnal Ilmiah: Polyglot.Vol 17, No 1 Jan 2021 page: 67 – 83 Retrieved from https://doi.org/10.19166/pji.v17i1.2792 diunduh 1 Juli 2021

Mendikbud. 2012. Permendikbud Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Pada Pendidikan Tinggi (online). Retrieved from : (https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiUp4rX2ZbuAhWDUn0KHaeyBx4QFjACegQIAhAC&url=https%3A%2F%2Flldikti12.ristekdikti.go.id%2F2012%2F04%2F27%2Fpermendikbud-no-24-tahun-2012-penyelenggaraan-pendidikan-jarak-jauh-oleh-pt.html&usg=AOvVaw2x-vJRvLaI7WrPtG5DLbRV) diunduh 27 November 2020

Mendikbud. 2020. Panduan Pembelajaran Jarak Jauh (online) Retrieved from : (https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwijs7H74ZbuAhXRc30KHUA8B4gQFjAAegQIBBAC&url=http%3A%2F%2Fpusdatin.kemdikbud.go.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F05%2FPANDUAN-PEMBELAJARAN-JARAK-JAUH-BELAJAR-DIRUMAH-MASA-C-19.pdf&usg=AOvVaw0YS6RDpbx0FFsHjAtijGbN) diunduh 27 November 2020

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Retrieved from (https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771) diunduh 23 November 2020

Offir, B., Lev, Y., & Bezalel, R. (2008). Surface and deep learning processes in distance education: Synchronous versus asynchronous systems. Computers and Education. (https://doi.org/10.1016/j.compedu.2007.10.009) diunduh 30 November 2020

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh). Retrieved from: http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181 Diunduh 21 November 2020.

Park, Y.J., Bonk, Curt. 2007. Synchronous Learning Experiences: Distance and Residential Learners' Perspectives in a Blended Graduate Course. Journal of Interactive Online Learning. Vol. 6.

Ramdan, Mohamad.2021. Kelebihan dan kekurangan Sinkronus dan Asinkronus Pembelajaran Daring. Yayasan Al Mas,oem Bandung. Retrieved from https://almasoem.sch.id/kelebihan-dan-kekurangan-sinkronus-dan-asinkronus-pembelajaran-daring/ diunduh 17 Juli 2021

Shahabadi, M. M., & Uplane, M. (2015). Synchronous and asynchronous e-learning styles and academic performance of e-learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176, 129-138. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.453 diunduh 30 November 2020

Shoepe, dkk. 2020. Instructor Prompts and Student Engagement in Synchronous Online Nutrition Classes. American Journal of Distance Education. Vol. 34. 1-17. Retrieved from (DOI 10.1080/08923647.2020.1726166). diunduh 28 Juli 2021

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tahar, Irzan dan Enceng. 2006. Hubungan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, (online), Vol. 7, No. 2 Retrieved from https://www.academia.edu/download/53111156/hasil_belajar.pdf) diunduh 25 November 2020

Yamagata-Lynch, L. C. (2014). Blending online asynchronous and synchronous learning. International Review of Research in Open and Distance Learning. Retrieved from https://doi.org/10.19173/irrodl.v15i2.1778 diunduh 30 November 2020

Zubaidi dan Kaelan.2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

Downloads

Published

2021-12-28

How to Cite

Firginia, S. M., Andyastuti, E., & Widodo, A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Sinkron dan Asinkron Terhadap Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kediri. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 845–852. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2321

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)