Implementasi Penilaian Pembelajaran Masa Pandemi Di TK Dharma Wanita Klampitan
Keywords:
penilaian, pembelajaran masa pandemi, TKAbstract
Penilaian merupakannproses pengukuran hasilllkegiatan bermain dalam pembelajaran anak usia dini. Pencatatannpenilaian berasal dari observasi pengamatan perilaku dan hasil karyaayang dibuat anak. Pengamatan yang diIakukan harus bersifat autentik, yaitu sesuai dengan fakta yang sesungguhnya. Guru melakukan penilaian perkembangan dengannmeIakukan pengamatan atau observasi terhadap tingkahhlaku, ucapan, mimikkwajah, dan kegiatannselama di sekolah dengannmenggunakan berbagai macam teknik penilaian. Namun permasalahan yang terjadi di TK Dharma Wanita Klampitan dalam penelitian ini adalah tantangan guru, wali murid dan siswa terhadap teknik penilaian perkembangan pada AUD terutama saat pembelajaran jarak jauh pandemic Covid-19. Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini akan mendeskripsikan implementasi penilaian perkembangan selama pembelajaran jarak jauh di TK Dharma Wanita Klampitan, Purwoasri, Kab. Kediri. Metode penelitian menggunakan studi kasus kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru kelompok A dan B di TK DW Klampitan. Pengaliandata menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi kemudianndianalisis denganndeskriftif kualitatifffdengan triagulasi dimana hasil akhir akan digabungkan dengan teori yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi penilaian yang dilakukan dan berjalan adalah dengan hasil karya dan cek lis berdasarkan kiriman orang tua yang dianalisis oleh guru dengan kompetesi yang diharapkan.
References
Arifin, Z. (2016). EvaluasiiPembelajaran (Prinsip, Teknikkdan prosedur). Bandung: PT. RemajaaRosdakary
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Pedoman Penilaian Pembelajaran
Pendidikan AnakkUsia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015.
Ismaill, Muhammad Ilyas. 2020. Pendidikan KarakterrSuatu PendekatannNilai. Makassar: Alauddin
University Press
Mulyasa. (2012). ManajemennnPAUD. Bandung: PT. RemajaaaRosdakarya
Mendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan KebudayaannRepublik IndonesiaaNomor 146 tahun 2014 tentanggKurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Peraturan MenteriiiPendidikan dan KebudayaannRepublik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Syah, R. H. (2020). DampakkkCovid-19 pada Pendidikanndi Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses
Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial;;dan Budaya Syar-i, 7(5). doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314
.Sutrisno, H. (2000). MetodologiiiResearch. Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Findi Dwi Wijayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.