Penerapan the Graphics Interchange Format untuk Memotivasi Siswa Berliterasi di Pembelajaran Daring SD Kota Jambi

Authors

  • Andari Amalia Syahrial Jurusan Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi
  • Desmisawati Jurusan Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi
  • Sapiroh Jurusan Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi
  • Winda Junike Jurusan Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi
  • M. Satria Budi Jurusan Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi

Keywords:

pendidikan literasi, sekolah dasar, daring, the graphics interchange format (gif), motivasi

Abstract

Pendidikan literasi sangat signifikan untuk ditanamkan kepada siswa jenjang sekolah dasar demi meningkatkan mutu pembelajaran, seperti mengembangkan kemampuan siswa dalam kebiasaan membaca, berhitung, berfikir kritis dan analitis sehingga proses pembelajaran menjadi lebih bermakna. Di masa pandemi Covid-19 ini, dimana semua kegiatan pembelajaran hanya dilakukan secara daring, maka penggunaan media teknologi sangat dibutuhkan untuk proses pembelajaran. Penggunaan media the Graphics Interchange Format (GIF) digunakan untuk memotivasi siswa dalam kemampuan berliterasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media GIF demi meningkatkan motivasi siswa dalam berliterasi pada Kelas 3B SD 42/IV Kota Jambi.  Metode penelitian tindakan kelas (PTK) digunakan dalam penelitian ini yang terdiri dari tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga siklus proses pembelajaran ditemukan adanya peningkatan motivasi siswa dalam berliterasi. Terutama pada siklus ke-tiga, ditemukan siswa menjadi lebih semangat dan aktif membaca, kritis dan analitis dalam memahami teks dan media GIF, sehingga dapat mengarahkan siswa kepada pembelajaran yang lebih produktif dan bermakna.

References

Abidin, Y. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Faizah, D. U. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI.

Hamzah, & Sardiman. (2011). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Aceh: Bumi Aksara.

Hanik, E. U. (2020). Self Directed berbasis literasi digital pada masa pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. Elementary: Islamic Teacher Journal, 183.

Jhon, E. (1991). Action Research for Educational Change. Bristol: Open University Press.

Mulyasa. (2010). Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung: Rosda.

Permendikbud. (2015). Nomor 23 Tahun 2015 Standar Penilaian Pendidikan.

Priyatni. (2015). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-11-16

How to Cite

Syahrial, A. A. ., Desmisawati, D., Sapiroh, S., Junike, W., & Budi, M. S. (2021). Penerapan the Graphics Interchange Format untuk Memotivasi Siswa Berliterasi di Pembelajaran Daring SD Kota Jambi. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 1–5. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1199

Issue

Section

Articles