Penerapan the Graphics Interchange Format untuk Memotivasi Siswa Berliterasi di Pembelajaran Daring SD Kota Jambi
Keywords:
pendidikan literasi, sekolah dasar, daring, the graphics interchange format (gif), motivasiAbstract
Pendidikan literasi sangat signifikan untuk ditanamkan kepada siswa jenjang sekolah dasar demi meningkatkan mutu pembelajaran, seperti mengembangkan kemampuan siswa dalam kebiasaan membaca, berhitung, berfikir kritis dan analitis sehingga proses pembelajaran menjadi lebih bermakna. Di masa pandemi Covid-19 ini, dimana semua kegiatan pembelajaran hanya dilakukan secara daring, maka penggunaan media teknologi sangat dibutuhkan untuk proses pembelajaran. Penggunaan media the Graphics Interchange Format (GIF) digunakan untuk memotivasi siswa dalam kemampuan berliterasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media GIF demi meningkatkan motivasi siswa dalam berliterasi pada Kelas 3B SD 42/IV Kota Jambi. Metode penelitian tindakan kelas (PTK) digunakan dalam penelitian ini yang terdiri dari tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga siklus proses pembelajaran ditemukan adanya peningkatan motivasi siswa dalam berliterasi. Terutama pada siklus ke-tiga, ditemukan siswa menjadi lebih semangat dan aktif membaca, kritis dan analitis dalam memahami teks dan media GIF, sehingga dapat mengarahkan siswa kepada pembelajaran yang lebih produktif dan bermakna.
References
Abidin, Y. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Faizah, D. U. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI.
Hamzah, & Sardiman. (2011). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Aceh: Bumi Aksara.
Hanik, E. U. (2020). Self Directed berbasis literasi digital pada masa pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. Elementary: Islamic Teacher Journal, 183.
Jhon, E. (1991). Action Research for Educational Change. Bristol: Open University Press.
Mulyasa. (2010). Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung: Rosda.
Permendikbud. (2015). Nomor 23 Tahun 2015 Standar Penilaian Pendidikan.
Priyatni. (2015). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Andari Amalia Syahrial, Desmisawati, Sapiroh, Winda Junike, M. Satria Budi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.