Implementation Of Character Education Through Strengthening Curriculum Implementation As A Grand Design Of Character Education For The 2045 Golden Generation

Authors

  • Nindy Dewi Iryanto Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Pendidikan karakter, penguatan kurikulum grand desain

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di Sekolah Dasar melalui pengutan pelaksanaan kurikulum sebagai grand desain pendidikan karakter generasi emas 2045 di Sekolah Dasar Negeri Burengan 2 Kota Kediri. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini adalah pengamatan dalam lingkungan sekolah (observasi), wawancara pada beberapa informan, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pendidikan karakter sebagai pendidikan yang mengembangkan nilai nilai karakter pada diri seorang peserta didik sehingga mereka memiliki nilai dan karakter sebagai bekal karakter dirinya dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan 2) fungsi pelaksanaan pendidikan karakter melalui penguatan pelaksanaan kurikulum sebagai grand desain gedenari emas pada tahun 2045 adalah sebagai sebuah pengembangan, perbaikan dan penyaring; 3) Implementasi pendidikan diintegrasikan ke dalam mata pelajaran yang sudah ada, melalui kegiatan intrakurikuler serta melalui ekstrakurikuler.

References

A, Doni Koesoema. 2012. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Damayanti, Deni. 2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Araska

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan

Dongoran, Faisal R. 2014. ”Paradigma Membangun Generasi Emas 2045 dalam Perspektif Filsafat Pendidikan”. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED. 11(1): 61-67

Farisi, Mohammad Imam. 2012. ”Desain dan Konten Kurikulum Pendidikan Dasar Berbasis Karakter untuk Generasi Bangsa 2045”. Jurnal Konaspi VII Universitas Negeri Yogyakarta. 7(-): 1-14

Gafur, Abdul. 2013. ”Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Multiple Intelligences (IESQ) Sebagai Grand Desain Pendidikan Emas Indonesia 2045”. Jurnal Pendidikan Karakter. 3(1):1-6

Kementerian Pendidikan Nasional Jalal, Fasil, 20106. Pendidikan Karakter Diintegrasikan, Kompas.com, Minggu, 31 Agustus, 2010 Diunduh 25 Juni 2021

Kementerian Pendidikan Nasional, 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010.Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, Badan penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum.

Prayitno & Belferik Manullang. 2011. Pendidikan Karakter dalam Pembangunan Bangsa. Jakarta: Grasindo

San Fransisco, Jossey Bass Jalal, Fasil 2010.. Kebijakan Nasional Pendidikan Karakter: Tiga Stream Pendekatan. Jakarta

Soedarsono, Soemarno. 2009. Karakter Mengantar Bangsa, dari Gelap Menuju Terang. Jakarta: Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia.

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945

Wardoyo, Sigit Mangun. 2015. ”Pendidikan Karakter: Membangun Jatidiri Bangsa Menuju Generasi Emas 2045 yang Religius”. Jurnal Tadris. 10(1):90-103

Wangid, Muhammad Nur. 2010. “Peran Konselor Sekolah Dalam Pendidikan Karakter”. Cakrawala Pendidikan. Tahun XXIX.Vol. 1 No. 3. 2010 Edisi Khusus Dies Natalis UNY. Diunduh dari http://journal.uny.ac.id/index. tanggal 25 Juni 2021.

Wibowo, Agus. 2012. Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Widyastono, Herry. 2010. Bahan Pelatihan Penyelenggaraan Pendidikan Karakter di Sekolah.Jakarta: Yayasan Pendidikan Masjid Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Wuryandani, Wuri, Maftuh, Bunyamin, Sapriya, dan Budimansyah, Dasim. 2014. “Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar.” Dalam Cakrawala Pendidikan TH. XXXIII No. 2. 2014. Diunduh dari http://journal.uny.ac.-id/index tanggal 25 Juni 2021.

Yuliati., Prihatin Sulistyowati. 2014. ” Kajian Kurikulum Sekolah Alam dalam Rangka Mewujudkan Pendidikan Karakter Siswa Tingkat Sekolah Dasar”. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. 1(4): 288-291

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Zuchdi, Darmiyati, Prasetya, Zuhdan Kun, dan Masruri Muhsinatun Siasah. 2010. “Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar”. Cakrawala Pendidikan. Tahun XXIX.Vol. 1 No. 3. 2010. Edisi

Khusus Dies Natalis UNY. Diunduh dari http://journal.uny.ac.id/index. tanggal 25 Juni 2021.

Downloads

Published

2021-12-17

How to Cite

Iryanto, N. D. . (2021). Implementation Of Character Education Through Strengthening Curriculum Implementation As A Grand Design Of Character Education For The 2045 Golden Generation. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 463–474. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1588

Issue

Section

Articles