Kompetensi Guru Dalam Mengaplikasikan Media Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar Negeri 1 Nglawak

Authors

  • Izatin Anisa Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rian Damariswara Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

pandemi covid-19, media pembelajaran, kompetensi guru

Abstract

Dampak dari adanya pandemi Covid-19 juga berimbas pada sektor pendidikan. kemampuan pengajar dalam mengaplikasikan media pembelajaran online sebagai salah satu hambatan untuk melaksanakan pembelajaran online di Sekolah Dasar Negeri 1 Nglawak. Pengajar dituntut bisa mengerti serta mengaplikasikan media pembelajaran yang interaktif supaya dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien di masa pandemi dan mampu meningkatkan kompetensi profesional guru terkait penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran WhatsApp dan Youtube dipilih sebagai penunjang proses pembelajaran online dengan alasan media pembelajaran tersebut tidak memberatkan peserta didik sehingga peserta didik menguasai media pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yg dipergunakan pada penelitian ini, seperti survey, angket atau kuisioner. Teknik pengumpulan data tadi dilakukan agar peneliti bisa menafsirkan kendala dan mendapatkan informasi terkait kompetensi guru dalam mengaplikasikan media pembelajaran online di Sekolah Dasar Negeri 1 Nglawak. Penelitian yang dilakukan akan difokuskan pada kompetensi guru dalam menggunakan teknologi informasi untuk mengembangkan materi pembelajaran online di Sekolah Dasar Negeri 1 Nglawak yang berlangsung pada masa pandemi Covid-19

References

Dewi,Shinta Kurnia. 2011. “Efektivitas E-learning Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran TIK Kelas XI di SMA Negeri 1 Depok”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. hlm. 14.

Gusti, Sri dkk. 2020. Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Bali: Yayasan Kita Menulis.

Hariadi, Fajar. 2021. “Peningkatan KompetensiProfesional Guru dalam Proses Pembelajran daring Melalui In House Training di SMA Negeri 4 Tanah Putih”. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 5. No. 3. SMA Negeri 4 Tanah Putih. hlm. 6871.

Indiani, Baroroh. 2020. “Mengoptimalkan Proses Pembelajaran dengan Media Daring pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Sipatokkong. Vol. 1. No. 3. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan. hlm. 227.

Komariah, Aan dan Djam’an. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Linda, Rizky Fadjar Choirul dan Nur azizah. 2021. “Kompetensi Guru Terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.Vol. 5. No. 1.Universitas Muhammadiyah Purworejo. hlm. 58.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Pohan, Albert Efendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi: CV. Sarnu Untung.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Stellarosa, Yolanda dkk. 2018. “Pemanfaatan Youtube Sebagai Sarana Transformasi Majalah Highend”. Jurnal Lugas. Vol. 2. No. 2. Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Jakarta. hlm. 60.

Sudrajat, Jajat. 2020. “Kompetensi Guru di Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis. Vol. 13. No. 2. Politeknik Tri Mitra Karya Mandiri Karawang. hlm. 106.

Syarifudin, Albitar Septian. 2020. “Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distanting”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 5. No. 1. Universitas Trunojoyo Madura. hlm. 32.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Anisa, I. ., & Damariswara, R. . (2022). Kompetensi Guru Dalam Mengaplikasikan Media Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar Negeri 1 Nglawak. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 773–780. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2432

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>