Respon Siswa SD Di Kota Dan Di Desa Dalam Potret Pembelajaran Daring

Authors

  • Yayuk Setiyowati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dhea Nur Agustin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Oktaviola Bunga Nadila Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rian Damariswara Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Pandemi covid-19, Pembelajaran daring, Respon siswa

Abstract

Dengan adanya pandemi covid-19 memungkinkan sistem belajar mengajar berubah menjadi online. Berbagai keluhan yang dihadapi siswa diantaranya penyampaian materi yang belum maksimal, adanya kendala aplikasi belajar online, kendala ekonomi dalam keluarga, dan kesibukan para orang tua yang mengakibatkan pembelajaran anaknya menjadi terganggu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik wawancara antara peneliti dengan beberapa siswa SD di desa kelas 3 dan 4 serta beberapa siswa SD di kota kelas 5 dan 6. Penelitian ini dilakukan di Kota Kediri dan Kabupaten Nganjuk pada bulan Juni 2021. Berdasarkan hasil wawancara mengenai respon siswa SD di kota dan di desa bahwa pembelajaran daring yang dilakukan oleh SD di kota menggunakan berbagai aplikasi belajar seperti Zoom, Google Meet, Whatsapp. Sedangkan SD di desa hanya menggunakan Whatsapp. Selain itu, media pembelajaran lain yaitu video animasi belajar. Dalam penelitian ini, kami dapat mengetahui respon siswa SD di kota dan di desa bahwa pembelajaran tatap muka dirasa sangat efisien jika dibandingkan dengan pembelajaran daring karena ada beberapa materi yang tidak tersampaikan secara menyeluruh.

References

Siahaan, M. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah. Vol. I No. 1, p. 1-3.

Setiyani, Rediana. 2010. Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. V No. 2, p. 117 – 113.

Sawitri, Dara 2019. Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol II No. 1, p 13-21.

Daheri, Mirzon., et al. Efektivitas Whatsaap sebagai Media Belajar Daring. Jurnal

Bacisedu. Vol. IV No. 4, p. 775 – 783

Haqien, Danin., Rahman Aqqilah, Affifadiyah. 2020. Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Artikel Pendidikan. Vol. V, p. 51- 56.

Downloads

Published

2021-12-05

How to Cite

Setiyowati, Y. ., Agustin, D. N. ., Nadila, O. B. ., & Damariswara, R. . (2021). Respon Siswa SD Di Kota Dan Di Desa Dalam Potret Pembelajaran Daring. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 149–155. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1441

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>