Sebuah Kajian Teori: Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Daring Ditinjau Dari Perpektif Filsafat Pendidikan Humanisme

Authors

  • Rino Sardanto Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

filsafat humanisme, pembelajaran daring, pembelajaran bahasa inggris

Abstract

Pada masa pandemi COVID 19 menyebabkan adanya perubahan model pembelajaran yang semula tatap muka harus berubah menjadi daring. Tingkat intensitas pertemuan antara guru dan murid secara tatap muka tidak dapat dilakukan sehingga ada sekat antara guru dan murid. Disini lain, sarana pembelajaran harus diakui ada kelemahan dan kelebihannya selama digunakan dalam pembelajaran secara daring. Fenomena ini menarik penulis untuk melakukan sebuah kajian secara teoritis tentang pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris secara daring yang ditinjau dari filsafat humanisme. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kajian pustaka. Pembelajaran secara daring harus tetap mengedepankan prinsip-prinsip belajar humanisme dan guru tetap dapat memenuhi kebutuhan pendidikan siswa.

References

Amka. (2019). Filsafat Pendidikan. Sidoarjo: Nizamia Learning.

Arifi, Q. (2017). Humanistic Approach in Teaching Foreign Language (from the Teacher Perspective). European Scientific Journal, ESJ, 13(35). https://doi.org/https://doi.org/10.19044/esj.2017.v13n35p194

Cormon, F. (1986). Humanistic activities and teacher motivation. ELT Journal, 40(4). https://doi.org/https://doi.org/10.1093/elt/40.4.278

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(2).

Ferdiana, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Penggunaan Media DaringPada Program S1 Ilmu Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya Selama Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). Indonesian Journal of Science Learning, 1(1).

Heimstra, R., & Brockett, R. G. (2009). From behaviorism to humanism: Incorporating self-direction in learning concepts into the instructional design process.

Hikmat, Hermawan, E., Aldim, & I. (2020). Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Survey Daring. Digital Library. UIN Sunan Gunung Djati.

Mahmud. (2011). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: CV. PUSTAKA SETIA.

Nur, B. & W. E. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Rahman, M. (2013). Humanistic Approaches ’ to Language Teaching : from Theory to Practice. Stamford Journal of English, 4. https://doi.org/https://doi.org/10.3329/sje.v4i0.13491

Rochimah, N. A., & Zaman, B. (2018). Pendidikan Moral Anak Jalanan. Yogjakarta: Trussmedia Grafika.

Schneider, J. K., Pierson, F. J., & Bugental, J. F. T. (2015). the Handbook of Humanistics Psychology (Theory, Research and practice). (R. Haster, Ed.) (Second). London and New York: Sage Publications Inc.

Shirkhani, S., & Ardeshir, D. (2013). Humanism in the Foreign Language Classroom. Journal on English Language Teaching, 3(4). Retrieved from www.pdf-finder.com/Humanistic-Approach

Shirkhani, S., & Ardeshir, D. (2013). Humanism in the Foreign Language Classroom. Journal on English Language Teaching, 3(4), 1–5.

Zuchdi, D. (2009). Humanisasi pendidikan : Menemukan kembali pendidikan yang manusiawi. Jakarta: Bumi aksara.

Downloads

Published

2021-12-21

How to Cite

Sardanto, R. . (2021). Sebuah Kajian Teori: Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Daring Ditinjau Dari Perpektif Filsafat Pendidikan Humanisme. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 768–747. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1626

Issue

Section

Articles