Keefektifan Pembelajaran Secara Online (Daring)

Authors

  • Sri Panca Setyawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sinta Ayuardhi Wahyuningtyas Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

pandemi covid-19, modalitas pembelajaran, pembelajaran online, pembelajaran tatap muka

Abstract

Sejak terjadinya pandemi covid-19, jumlah mahasiswa yang memilih kelas online (daring/dalam jaringan) meningkat pesat. Mahasiswa merasa lebih aman dan menganggap bahwa kelas dengan modalita tradisional secara tatap muka atau face to face (F2F) terlalu membatasi mereka, tidak fleksibel, dan tidak praktis. Di era tehnologi canggih ini, sekolah/kampus bisa menyediakan pembelajaran yang efektif di kelas melalui web. Pergeseran media pembelajaran ini mendorong lembaga pendidikan untuk memikirkan kembali bagaimana mereka akan menyajikan konten materi pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan memastikan metode pembelajaran yang mana yang lebih efektif di masa pandemi covid-19, F2F atau daring. Skor yang dicapai oleh 83 mahasiswa, 39 diajar secara F2F dan 44 diajar seacara daring akan digunakan untuk memastikan modalita pembelajaran yang mana yang menghasilkan kinerja mahasiswa yang lebih baik.Sebagai tambahan, tujuan penelitian secara menyeluruh, juga menguji variabilitas skor antar gender untuk memastikan jika modalitas tertentu memberi dampak yang lebih besar pada kelompok tertentu. Secara keseluruhan, terbukti perbedaannya tidak signifikan pada kinerja mahasiswa terkait dengan gender. Dengan kata lain, bahwa platform tradisional (F2F) maupun daring terlepas dari gender.

References

Ary, E. J. and Brune, C. W. 2011. A Comparison of Student Learning Outcomes in Traditional and Online Personal Finance Courses. MERLOT J. Online Learn Teach. 7, 465-474.

Atcley, W., Wingenbach, G,, and Akers, C. 2013. Comparison of Course Completion and Student Performance Through Online and Traditional Courses. Int. Rev. Res. Open Dist. Learn. 14, 104-116. Doi: 10.19173/irrodl.v14i4.1461.

Bigelow, C. A. 2009. Comparing Student Performance in An Online versus Face-to-Face Introductory Turfgrass Science Course-A Case Study. NACTA J., 53, 1-7.

Driscoll, A., Jicha. K., Hunt, A. N., Tichavsky, L., and Thompson, G. 2012. Can Online Course Deliver in-class Results? A Comparison of Student Performance and Satisfaction in An Online versus A Face-to-Face Introductory Sociology Course. Am. Sociol. Assoc. 40, 312-313. Doi: 10.1177/0092055X12446624.

Herman T., and Banister, S. 2007. Face-to versus Online Coursework: A Comparison of Costs and Learning Outcomes. Contemp. Issues Technol. Tech. Educ. 7, 318-326.

Lundberg, J., Castillo-Merino, D., and Dahmani, M. 2008. Do Online Students Perform Better than Face-to-Face Students? Reflecition and a Short Review of Some Empirical Findings. Rev. Univ. Soc. Conocim. 5, 35-44. Doi: 10.7238/rusc.v5i1.326.

Kemp, N., and Grieve, R. 2014. Face-to-Face or Face-to-Screen? Undergraduates Opinions and Test Performance in Classroom vs. Online Learning. Front. Psychol. 5, 1278. Doi: 10.3389/fpsyg.2014.01278.

Keramidas, C. G. 2012. Are Undergraduate Students Ready for Online Learning? A Comparison of Online and Face-to-Face Sections of A Course. Rural Special Educ. Q. 31, 25-39. Doi: 10.1177/875687051203100405.

Larson, D. K., and Sung, C. 2009. Comparing Student Performance: Online versus Blended versus Face-to-Face. J. Asynchr. Learn. Netw. 13, 31-42. Doi: 10.24059/olj.v13i1.1675.

Mann, J. T. and Henneberry, S. R. 2014. Online versus Face-to-Face Students’ Preferences for College Course Attributes. J. Agric. Appl. Econ. 46, 1-19. Doi: 10.1017/S1074070800000602.

Salcedo, C. S. 2010. Comparative Analysis of Learning Outcomes in Face-to-Face Foreign Lannguage Classes vs. Language Lab and Online. J. Coll. Teach. Learn. 7, 43-54. Doi: 10.19030/tlc.v7i2.88.

Westhuis, D. Quellette, P. M., and Pfahler, C. L.2006. A Comparative Analysis of Online and Classroom-based Instructional Formats for Teaching Social Work Research. Adv. Soc. Work, 7, 74-88. Doi: 10.18060/184.

Wladis, C., Conway, K. M., and Hachey, A. C. 2015. The Online STEM Classroom Who Succeeds? An Exploration of the Impact of Ethnicity, Gender, and Nontraditional Student Characteristics in the Community College Context. Commun. Coll. Rev. 43, 142-164. Doi: 10.1177/0091552115571729.

Xu, D., and Jaggars, S. S. 2016. Performance Gaps Between Online and Face-to-Face Courses: Differences Across Types of Student and Academic Subject areas. J. Higher Educ. 85, 633-659. Doi: 10.1353/jhe.2014.0028.

Downloads

Published

2021-12-21

How to Cite

Setyawati, S. P. ., & Wahyuningtyas, S. A. (2021). Keefektifan Pembelajaran Secara Online (Daring). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 746–758. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1624

Issue

Section

Articles