Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa MTs Sunan Kalijaga Kabupaten Tulungagung
Keywords:
motivasi belajar, prokrastinasi akademikAbstract
Salah satu permasalahan dalam dunia pendidikan adalah prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik siswa yaitu berupa kegiatan penundaan dalam mengerjakan tugas akademik, meremehkan tugas guru, malas belajar, dan lebih memilih melakukan kegiatan yang dirasa sangat di senanginya dibanding untuk mengerjakan tugas akademik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut siswa diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar untuk mengurangi prokrastinasi akademik. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui adakah pengaruh yang ditimbulkan antara motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa MTs Sunan Kalijaga Tulugagung. Motivasi belajar merupakan sebuah aktivitas belajar akademik yang dilakukan dengan bersungguh-sungguh dalam menambah ilmu pengetahuan untuk mencapai harapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik penelitian korelasional yang digunakan untuk mengetahui derajat hubungan motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik. Dengan cara meningkatkan motivasi belajarnya diharapkan siswa mampu mengurangi prokrastinasi akademik.
References
Nitami, Mayrika.Daharnis & Yusri. 2015. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prokrastinasi Akademik. Padang. Universitas Negeri Padang. (Online) (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/viewFile/6449/5099#:~:text=Dengan%20kata%20lain%20semakin%20tinggi,yang%20mempengaruhi%20prokrastinasi%20akademik%20siswa.) diakses pada 10 Mei 2021 pukul 10.00 WIB.
Masni, Harbeng. 2015. Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Batanghari. Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Batanghari Dikdaya Volume 05 Nomor 01. (Online) (https://media.neliti.com/media/publications/81577-ID-strategi-meningkatkan-motivasi-belajar-m.pdf) diakses pada 13 Mei 2021 pukul 13.00 WIB.
Aulia, Ismi Nisa. 2020. Hubungan Prokrastinasi Akademik Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kela 5 Sekolah Dasar. Jakarta. (Online) https://media.neliti.com/media/publications/226634-pengaruh-motivasi-belajar-siswa-terhadap-942bfa32.pdf diakses pada 13 Juni 2021 pukul 13.09 WIB
Hasbullah, Indra Adam. 2019. Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Universitas Indrapasta PGRI Jl. Nangka No.58C, Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Alfarisi : Jurnal Pendidikan MIPA. (Online) (file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/6532-17989-1-PB.pdf) diakses pada 18 Juni 2021 pukul 12.00 WIB.
Putri, Nanda Mellenia Amin dan Kurniasari, Ika. 2019. Pengaruh Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Prokrastinasi Akademik. Surabaya. JPPMS, Vol. 3, No. 1, 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains. (Online) (file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/10624-32739-1-SM.pdf) diakses pada 20 Juni 2021 pukul 09.00 WIB.
Agustina, Lisa & Hamdu, Ghullam. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Tasikmalaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1. (Online) (https://www.8-Ghullam_Hamdu.pdf (upi.edu)) diakses pada 10 Juli 2021 pukul 08.25 WIB.
Jannah, Raudatul. 2021. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadao Prokrastinasi Akademik Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Pekanbaru. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. (Online) (http://repository.uin-suska.ac.id/40722/1/GABUNGAN%20SKRIPSI%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf) diakses pada 10 Juli 2021 pukul 09.00 WIB.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Sinta Ayuardhi Wahyuningtyas, Sri Panca Setyawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.