Model Treffinger Dengan Flipped-Classroom: Inovasi Layanan Bimbingan dan Konseling Pasca Pandemi Untuk Menguatkan Kreativitas

Authors

  • Sri Panca Setyawati Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

pandemi covid-19, karakter kreatif, layanan BK inovatif, model treffinger, model flipped-classroom

Abstract

Terjadinya pandemi Covid-19 berdampak pada dunia pendidikian salah satunya adalah pada sistem pembelajaran di sekolah tidak terkecuali dalam pelaksanaan layanan Bimbingan & Konseling. Selama pandemi layanan Bimbingan & Konseling harus dilaksanakan dari rumah dengan memanfaatkan IT. Meksipun di awal pelaksanaan menimbulkan banyak permasalahan namun secara bertahap permasalahan tersebut dapat diatasi. Meskipun banyak dampak negatif yang muncul akibat pemberian layanan secara online (daring), namun tetap ada segi positif yang bermanfaat khususnya dalam pemanfaatan IT. Adanya pandemi Covid-19 secara tidak langsung sudah mempercepat bangsa Indonesia berada dalam era revolusi industri 4.0. Salah satu dampak positif pemberian layanan secara daring adalah meningkatnya kreativitas guru BK/dosen dan siswa/mahasiswa. Mengingat pentingnya kreativitas dalam kehidupan, khususnya di abad 21, maka kreativitas yang sudah meningkat selama masa pandemi akibat daring dengan memanfaatkan IT harus tetap dipertahankan pasca pandemi. Oleh karena itu, perlu di cari alternatif dan inovasi penguatan karakter kreatif tersebut.  Artikel ini bertujuan mengkaji inovasi layanan Bimbingan & Konseling yang mampu mempertahankan dan menguatkan karakter kreatif siswa/mahasiswa pasca pandemi. Metode yang digunakan adalah Studi Literatur yang bersifat deskriptif-analitis. Hasil dan kesimpulannya menunjukkan bahwa Model Treffinger dengan Flipperd-classroom merupakan layanan yang inovatif dalam Bimbingan dan Konseling untuk menguatkan karakter kreatif siswa/mahasiswa dan bisa dijadikan alternatif.

References

Afghani, D. G. dan Sutama. 2020. Kreativitas Pembelajaran Daring untuk Pelajar Sekolah Menengah dalam Pandemi Covid-19. Journal of Informatics and Vocational Education (JOIVE), 3 (2), 70~75.

Agustian W. H., 2017. Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Self-Regulated Learning Siswa SMP. Universitas Pasundan.

Ahmed, H. O. K. 2016. Flipped Learning as A New Educational Paradigm: An Analitical Critical Study. European Scientifiec Journal, 12(10), 417–444. (https://doi.org/10.19044/esj.2016.v12n10p417).

Alhaddad I. and others, 2015. Enhancing Students‘ Communication Skills through Treffinger Teaching Model‘, Journal IndoMS-JME, 6(1). 33.

Ali, M. dan Asrori M. 2012. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Alten, D. C., Phielix, C., Janssen, J., & Kester, L. 2019 (Online). Effect of flipping the classroom on learning outcomes and satisfaction: a meta-analysis. Educational Research Review, 28(100281), 1–18. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.05.003.

Annuuru T. A., Johan R. C. and Ali, M., 2017.‗Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Treffinger‘, Jurnal Edutcehnologia, 3(2), 136– 44.).

Ario, M., & Asra, A. 2018. Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Kalkulus Integral Mahasiswa Pedidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 82–88.

Beetlestone, F. 2011. Creative Learning. Bandung: Nusa Media.

Bergman, J., & Sams, A. 2012. Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day. International Society for Technology in Education.

Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., Sulisworo, D., & Toifur, M. 2019. Flipped Classroom as a Millenial Teaching Model. Indonesian Review of Physics, 2(1), 22–27.

Drake, L., Kayser, M., & Jacobwitz, R. 2016. The Flipped Classroom: An Approach to Teaching and Learning. A 2020 Vision For Public Education in Ulster County, 1–15).

Enfield, J. 2013. (Online). Looking at the impact of the flipped classroom model of instruction on undergraduate multimedia student at CSUN. TechTrends, 57(6), 14–27. . https://doi.org/10.1007/s11528-013- 0698-1.

Flumerfert, S., & Green, G. 2012. Using Learn in the flipped classroom for at risk students. Educational Technology & Society, 16(1), 356–366.

Fulton, K. 2012. Upside Down and Inside Out: Flipp your classroom to improve student learning. Learning & Leading with Technology, 39(8), 12–17.

Hadikusumah, A. R. S. & Nadya, A. 2019. Digital Literacy and Innovation for Guidance and Counseling Program. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. Proceedings of the 2nd International Seminar on Guidance and Counseling 2019 (ISGC 2019). volume 462

Halili, S. H., & Zainuddin, Z. 2015. Flipping The Classroom: What We Know and What We Don’t. Journal of Distance Education and E-Learning, 3(1), 15–22.

Hamdan, N., McKnight, P., McKnight, K., & Arfstrom, K. M. 2013. A Review of Flipped Learning. Pearson

Herreid, C. F., & Schiller, N. A. 2013. Case Studies and the Flipped Classroom. Journal of College Science Teaching, 45(5), 62–66.

Huda, M. 2014 . Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Keengwe, J., & Bhargava, M. 2013. Mobile learning and integration of mobile technologies in education. Education and Information Technologies, 19(4), 737–746. https://doi.org/10.1007/s10639-013- 9250-3.

Massie A. Y., dan Nababan K., R, 2021. Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Siswa., Satya Widya Volume XXXVII No. 1, Juni 2021

Maulidiana Y. E., 2021. Implementasi Nilai Karakter Kreatif Dalam Pembelajaran Dalam Jaringan Di Sekolah Dasar, Kognisi:Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. 1 (2). 35–41

Papachristopoulus, G., & Lakin, E. 2016. Flipped Classroom and Independent Learning. Hellenic Conference on Innovating STEM Education, 1–9.

Puspita M., 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Untuk Pokok Bahasan Bunyi Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Roehl, A., Reddy, S. L., & Shannon, G. J. 2013. The Flipped Classroom: An Opportunity to Engage Millenial Students Through Active Learning Strategies. Journal of Family and Consumer Sciences, 105(2), 44–49.

Saputra, M. E. A., & Mujib. 2018. Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal. Jurnal Matematika, 1(2), 173–179.

Schmidt, S. M. 2016. The Flipped Classroom: A Twist on Teaching. Contemporary Issues in Educational Research, 9(1), 1–6.).

Siahaan M., 2020. (Online). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, Jurnal Kajian Ilmiah (JKI) Edisi Khusus No. 1. 1–3, Available Online at http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI.

Tahir, R., & Arif, F. 2016. Technology in Primary Schools: Teachers Perspective towards the Use of Mobile Technology in Children Education. In Emerging Trends and Advanced Technologies for International. Journal of Elementary Education, 5 (1), 98-106. https://doi.org/10.1007/978-3-319- 33353-3_6.

Yildirim, F. S., & Kiray, S. A. 2016. Flipped Classroom Model In Education. Research Highlights in Education and Science, 1–8.

Yusmanida, D. E. 2014. Pengaruh Gaya Belajar, Kreativitas Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMK PIRI I Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Zamnah, L. N. 2019. Implementation of peer instruction flipped classroom to improve self-efficacy of underprivileged students. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 52(2), 69–74.

Zhou, G., & Jiang, X. 2014. (Online). Theoretical Research and Instructional Design of the Flipped Classroom. Applied Mechanics and Materials, 543–547, 4312–4315. https://doi.org/doi:10.4028/www.scientific.net/amm.543-547.4312.

Downloads

Published

2022-08-04

How to Cite

Setyawati, S. P. . (2022). Model Treffinger Dengan Flipped-Classroom: Inovasi Layanan Bimbingan dan Konseling Pasca Pandemi Untuk Menguatkan Kreativitas. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 934–948. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2415

Issue

Section

Articles