Pembelajaran Daring Pada Sekolah Dasar Berbasis Aplikasi Libera

Authors

  • Sandra Diah Ayu Pitaloka Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Kukuh Andri Aka Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Novi Nitya Santi Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Pembelajaran Daring, Sekolah Dasar, Libera

Abstract

Pandemi COVID-19 yang telah hadir sejak awal tahun 2020 memberikan dampak multidimensional bagi negara Indonesia, tak terkecuali sektor pendidikan. Demi menghindari penyebaran virus COVID-19, lembaga pendidikan diharuskan untuk menyelenggarakan pembelajaran secara daring. Namun, dalam penyelenggaraanya pembelajaran daring nyatanya memiliki berbagai batasan dan permasalahan yang mengakibatkan turunnya kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran aplikasi Libera sebagai salah satu media pembelajaran dalam pembelajaran daring pada sekolah dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Libera berperan sebagai sebuah platform yang memfasilitasi pelaksanaan proses pembelajaran agar tetap berjalan dengan baik dan berkualitas.

References

Dalimunthe, R. Z. 2020. Pembelajaran Konseling Individual Menggunakan Tpack (Technological Pedagogical Content Knowledge) Di Masa Pandemi (Mahasiswa Bk Semester 5 Fkip Untirta). In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 3, No. 1, pp. 45-54).

Khoiriyah, Ni’matul. 2017. Pengembangan Media Pembelajara Interktif Berbasis Adobe Flash Cs5 Pada Mata Pelajaaran Ips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mts Hasyim Asy’ari Batu. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Kependidikan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Pengguna Smartphone diperkirakan Mencapai 89% Populasi pada 2025. 2020. (Online). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/15/pengguna-smartphone-diperkirakan-mencapai-89-populasi-pada-2025. Diakses pada tanggal 22 Juli 2021.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Peta Sebaran Covid-19 Indonesia. 2021. (Online). https://covid19.go.id/peta-sebaran. Diakses pada tanggal 22 Juli 2021

Pohan, A. E. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.

Risdanto, Batara. 2014. Pengembangan E-Learning Berbasis Web Menggunakan CMS (Content Managemen System) Wordpress Di SMA Negeri 1 Kota Malang. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sunardo, Tri Adityo. 2015. Pengembangan Buku Pintar Elektronik (BPE) Sebagai Media Pembelajaran Pada Siswa SD Kelas 4 Tema Selalu Berhemat Energi Kurikulum 2013. Universitas Negeri Semarang.

Wulandari, E. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis E-Book Pada Materi Sistem Pencernaan Untuk SMP Kelas VIII (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Yuliani, M., Simarmata, J., Susanti, S. S., Mahawati, E., Sudra, R. I., Dwiyanto, H., ... & Yuniwati, I. 2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis.

Downloads

Published

2021-12-17

How to Cite

Pitaloka, S. D. A. ., Aka, K. A. ., & Santi, N. N. . (2021). Pembelajaran Daring Pada Sekolah Dasar Berbasis Aplikasi Libera. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 475–483. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1590

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)