Media Komik Berbasis Kearifan Lokal Kelud Untuk Materi IPS Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Hesinta Mita Aprilia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Kukuh Andri Aka Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Erwin Putera Permana Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

media komik, berbasis kearifan lokal Kelud, IPS

Abstract

Pembelajaran IPS memuat materi tentang manusia dan kehidupannya, sehingga menjadikan materi dalam IPS banyak. Selain itu, materi yang diajarkan jauh dari lingkungan sekitar siswa. Oleh karena itu dalam mengajarkan materi IPS pada siswa Sekolah Dasar membutuhkan kreativitas guru, agar siswa dapat memahami dan mengaitkan materi dengan keadaan lingkungan sekitar siswa dengan baik. Salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran yang tepat. Namun, pada kenyataannya media yang digunakan guru dalam mendukung pembelajaran IPS di SD masih terbatas pada media gambar yang mengakibatkan minat belajar siswa kurang. Media komik berbasis kearifan lokal Kelud merupakan salah satu alternatif  media pembelajaran yang digunakan dalam mendukung pembelajaran IPS sehingga siswa bisa memahami dan mengaitkan materi di lingkungan sekitarnya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran media komik berbasis kearifan lokal Kelud sebagai salah satu media pembelajaran IPS pada Sekolah Dasar. Dengan demikian, untuk menarik minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS, guru dapat menggunakan media komik berbasis kearifan lokal Kelud sebagai pendukung proses pembelajaran terutama pada materi IPS.

References

Azizi, M., & Prasetyo, S. (2017). Kontribusi Pengembangan Media Komik IPA Bermuatan Karakter Pada Materi Sumber Daya Alam untuk Siswa MI/SD. AL-Bidayah. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 185-194.

Kurnia, I. (2018). Mengungkapkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kediri Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Bangsa Indonesia. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 51-63).

Hidayah, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34-46.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.

Novianti, R. D., & Syaichudin, M. 2010. Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Soal Cerita Bab Pecahan pada Siswa Kelas V SDN Ngembung. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 10, No. 1: 74-85. (Online) tersedia: https://fip.unesa.ac.id/bank/jurnal/tp-101-8-. Diunduh pada 27 Juli 2020.

Purwanto, I.S. 2017. Nilai-Nilai “Dharma” Teks Cerita Mahabarata Versi Novel Karya RK Narayan. (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Sapariya. 2009. Pendidikan IPS-Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Siska. Y. 2018. Pembelajaran IPS di SD/MI. D. I. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia.

Wardana, A. (2018). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran untuk Mengapresiasi Cerita Anak Pada Peserta Didik Kelas III SD/MI. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Wardani, T. K. (2012). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran Sosiologi Pada Pokok Bahasan Masyarakat Multikultural. Komunitas: International Journal Of Indonesian Society And Culture, (42).

Downloads

Published

2021-12-07

How to Cite

Aprilia, H. M. ., Aka, K. A. ., & Permana, E. P. . (2021). Media Komik Berbasis Kearifan Lokal Kelud Untuk Materi IPS Siswa Sekolah Dasar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 304–309. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1531

Issue

Section

Articles