Pembelajaran Daring Di Sekolah Menengah Ditinjau Dari Perspektif Orang Tua : Studi Fenomenologi

Authors

  • Dwi Ari Budiretnani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Lilia Pasca Riani Universitas Negeri Yogyakarta

Keywords:

peran orang tua, peserta didik, pembelajaran daring, pendidikan karakter

Abstract

Perubahan pola Pendidikan secara masif dan disruptive akibat adanya pandemi telah mulai menunjukkan dampaknya. Baik dampak positif maupun negatif dalam berbagai sisi dari level sekolah dasar, menengah, maupun pendidikan tinggi. Dampak paling besar terasakan oleh peserta didik itu sendiri, guru, dan orang tua/wali peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana peran orang tua dalam keseharian selama proses pembelajaran daring di sekolah menengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengurai fenomena yang ada di masyarakat. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, dan observasi. Partisipan sebanyak 10 orang yang terdiri dari ibu rumah tangga tidak bekerja, pengusaha dan ibu yang bekerja sebagai karyawan. Hasil penelitian menunjukkan sejak adanya perubahan proses pembelajaran dari tatap muka menjadi daring, peran ibu menjadi bertambah besar dengan tanggung jawab yang semakin berat dikarenakan harus membantu anak dalam memahami materi pelajaran yang sering kali kontradiktif dengan keinginan anak itu sendiri. Peran baru ini sangat mempengaruhi hasil belajar peserta didik dan pembentukan karakter baik bagi anak.

References

Akhimelita, L., Sumarto, & Abdullah, A. G. (2020). Model Pendidikan Karakter Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 5(1), 27–33. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1446

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203

Chalim, S., & Anwas, E. O. M. (2018). Peran Orangtua dan Guru dalam Membangun Internet sebagai Sumber Pembelajaran. Jurnal Penyuluhan, 14(1), 33–42.

Citra, M. E. A., & Arthani, N. L. G. Y. (2020). Peranan ibu sebagai pendamping belajar via daring bagi anak ada masa pandemi COVID-19. Prosiding Webinar Nasional …, 71–79. http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/prosidingwebinarwanita/article/view/1243

Fuadi, T. M., Musriandi Riki, & Suryani Linda. (2020). Covid-19 : Penerapan Pembelajaran Daring Di. Dedikasi Pendidikan, 8848(2), 193–200.

Irianto, & Subandi. (2016). Studi Fenomenologis Kebahagiaan Guru di Papua. Gadjah Mada Journal of Psychology, 1(3), 140–166. https://doi.org/10.22146/gamajop.8812

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.

Lebho, M. A., Lerik, M. D. C., Wijaya, R. P. C., & Littik, S. K. A. (2020). Perilaku Kecanduan Game Online Ditinjau dari Kesepian dan Kebutuhan Berafiliasi pada Remaja. Journal of Health and Behavioral Science, 2(3), 202–212. https://doi.org/10.35508/jhbs.v2i3.2232

Nur Khalimah, S. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di MI Darul Ulum Pedurungan Kota Semarang. Skripsi IAIN Salatiga, 1–107.

Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), 66–71. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/669

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Simatupang, N. I., Sitohang, R. I., Situmorang, A. P., & Simatupang, M. (2020). Dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 197–203. https://doi.org/10.33541/jdp.v13i2.1754

Suci, R., & Nda. (2021). EVALUASI PEMBELAJARAN DARING ERA PANDEMI COVID-19 PADA KELAS II A DI SDN 3 NEGARA RATU NATAR LAMPUNG SELATAN. Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 47.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Downloads

Published

2021-12-21

How to Cite

Budiretnani, D. A. ., & Riani, L. P. . (2021). Pembelajaran Daring Di Sekolah Menengah Ditinjau Dari Perspektif Orang Tua : Studi Fenomenologi. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 759–767. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1625

Issue

Section

Articles