Proses Transfer Knowledge Guru dan Siswa Kelas V pada Materi Pengolahan data

Authors

  • Eriko Bayu Hermawan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Novi Nitya Santi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nurita Primasatya Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/0pt7a467

Keywords:

transfer knowledge, guru dan siswa, pengolahan data

Abstract

Banyaknya Proses Transfer Knowledge yang masih bersifat konvensional mengakibatkan pembelajaran kurang aktif dan efektif dalam pembelajaran. Hal tersebut menjadi latar belakang dan tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana proses transfer knowledge antara guru dan siswa kelas V , dampak dan hambatan serta solusi yang dapat diterapkan oleh guru SD Negeri Sugihwaras 2. Penelitian yang dilakukan di SD Negeri Sugihwaras 2 dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan subjek guru dan 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transfer knowledge berjalan  dengan efektif ketika guru menerapkan metode bervariasi, komunikasi yang adaptif, serta membangun hubungan positif dengan siswa. Kegiatan pembelajaran yang dikaitkan dengan konteks nyata meningkatkan pemahaman, partisipasi aktif, dan kepercayaan diri siswa. Hambatan yang ada pada proses transfer knowledge seperti keterbatasan waktu, kurangnya dukungan orang tua, dan sikap pasif siswa yang dapat diatasi dengan pendekatan kolaboratif. Secara keseluruhan Kesimpulan yang didapatkan pada proses transfer knowledge dapat mendukung pencapaian akademik sekaligus membentuk karakter dan keterampilan siswa.

References

Adiani, P., Diniyah, L., Yulistia, N., Kirana, R. F., & ... (2023). Pentingnya Kolaborasi Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas …, 1(1), 85–91.

Amaliah, R. F., & Sudana, D. (2021). Menyelidiki Hubungan Guru-Siswa dan Bagaimana Korelasinya dengan Performa Menulis Siswa selama Pembelajaran Online. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(2), 142–155. https://doi.org/10.17509/jpp.v21i2.37412

Amelia, L. (2023). Pengaruh Kurangnya Perhatian Orang Tua Terhadap Perkembangan Belajar Siswa Kelas 1 Sd. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(2), 186–193. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i2.1639

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1)(1), 95–101.

Dafid Fajar Hidayat. (2022). Desain Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 8(2), 141–156. https://doi.org/10.55148/inovatif.v8i2.300

Hastiani, H., Sulistiawan, H., & Isriyah, M. (2023). Sosialisasi Pentingnya Kolaborasi Orang Tua dalam mendukung Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(1), 31–35. https://doi.org/10.51214/japamul.v3i1.592

Nursehah, U., & Mirna, I. (2020). IMPROVING STUDENT CREATIVITY IN THE CONCEPT OF TRANSPORTATION TECHNOLOGY IN IPS LEARNING THROUGH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) METHODS. Journal GEEJ, 7(2), 11–18.

Pakaya, F. A. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Diskusi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(3), 193. https://doi.org/10.37905/aksara.5.3.193-198.2019

Safitri, E., Wawan, Setiawan, A., & Darmayanti, R. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kepercayaan Diri Dan Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 57–61. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.154

Setyosari, P. (2014). MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN BERKUALITAS Punaji Setyosari Jurusan Teknologi Pendidikan , Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Malang Jl . Semarang No . 5 Malang Jawa Timur 65145 CREATING THE EFFECTIVE AND THE QUALITY OF THE LEARNING. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30.

Suleman, M. A., & Idayanti, Z. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Proses Pembelajaran di SD/MI Muh. Asharif Suleman 1 , Zulfi Idayanti 2 1,2 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia. 2(3), 235–244.

Downloads

Published

2025-07-19

Issue

Section

Articles

How to Cite

Proses Transfer Knowledge Guru dan Siswa Kelas V pada Materi Pengolahan data. (2025). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 8, 1802-1808. https://doi.org/10.29407/0pt7a467

Similar Articles

1-10 of 777

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>