Proses Transfer Knowledge Guru dan Siswa Kelas V pada Materi Pengolahan data
DOI:
https://doi.org/10.29407/0pt7a467Keywords:
transfer knowledge, guru dan siswa, pengolahan dataAbstract
Banyaknya Proses Transfer Knowledge yang masih bersifat konvensional mengakibatkan pembelajaran kurang aktif dan efektif dalam pembelajaran. Hal tersebut menjadi latar belakang dan tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana proses transfer knowledge antara guru dan siswa kelas V , dampak dan hambatan serta solusi yang dapat diterapkan oleh guru SD Negeri Sugihwaras 2. Penelitian yang dilakukan di SD Negeri Sugihwaras 2 dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan subjek guru dan 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transfer knowledge berjalan dengan efektif ketika guru menerapkan metode bervariasi, komunikasi yang adaptif, serta membangun hubungan positif dengan siswa. Kegiatan pembelajaran yang dikaitkan dengan konteks nyata meningkatkan pemahaman, partisipasi aktif, dan kepercayaan diri siswa. Hambatan yang ada pada proses transfer knowledge seperti keterbatasan waktu, kurangnya dukungan orang tua, dan sikap pasif siswa yang dapat diatasi dengan pendekatan kolaboratif. Secara keseluruhan Kesimpulan yang didapatkan pada proses transfer knowledge dapat mendukung pencapaian akademik sekaligus membentuk karakter dan keterampilan siswa.
References
Adiani, P., Diniyah, L., Yulistia, N., Kirana, R. F., & ... (2023). Pentingnya Kolaborasi Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas …, 1(1), 85–91.
Amaliah, R. F., & Sudana, D. (2021). Menyelidiki Hubungan Guru-Siswa dan Bagaimana Korelasinya dengan Performa Menulis Siswa selama Pembelajaran Online. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(2), 142–155. https://doi.org/10.17509/jpp.v21i2.37412
Amelia, L. (2023). Pengaruh Kurangnya Perhatian Orang Tua Terhadap Perkembangan Belajar Siswa Kelas 1 Sd. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(2), 186–193. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i2.1639
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1)(1), 95–101.
Dafid Fajar Hidayat. (2022). Desain Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 8(2), 141–156. https://doi.org/10.55148/inovatif.v8i2.300
Hastiani, H., Sulistiawan, H., & Isriyah, M. (2023). Sosialisasi Pentingnya Kolaborasi Orang Tua dalam mendukung Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(1), 31–35. https://doi.org/10.51214/japamul.v3i1.592
Nursehah, U., & Mirna, I. (2020). IMPROVING STUDENT CREATIVITY IN THE CONCEPT OF TRANSPORTATION TECHNOLOGY IN IPS LEARNING THROUGH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) METHODS. Journal GEEJ, 7(2), 11–18.
Pakaya, F. A. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Diskusi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(3), 193. https://doi.org/10.37905/aksara.5.3.193-198.2019
Safitri, E., Wawan, Setiawan, A., & Darmayanti, R. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kepercayaan Diri Dan Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 57–61. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.154
Setyosari, P. (2014). MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN BERKUALITAS Punaji Setyosari Jurusan Teknologi Pendidikan , Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Malang Jl . Semarang No . 5 Malang Jawa Timur 65145 CREATING THE EFFECTIVE AND THE QUALITY OF THE LEARNING. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30.
Suleman, M. A., & Idayanti, Z. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Proses Pembelajaran di SD/MI Muh. Asharif Suleman 1 , Zulfi Idayanti 2 1,2 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia. 2(3), 235–244.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eriko Bayu Hermawan, Novi Nitya Santi, Nurita Primasatya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
