Pengaruh Model PBL Berbantuan Google Sites Terhadap Kemampuan Menjelaskan dan Menentukan Volume Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SDN Lirboyo 2
Keywords:
model Problem Based Learning (PBL), volume bangun ruang, google sitesAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil wawancara dan pengamatan bahwa guru melakukan aktivitas pembelajarannya cenderung kurang memusatkan kepada siswanya. Siswa hanya menerima pengetahuan dan informasi dari guru secara utuh dan kurang dapat mengembangkan ide. Siswa menggali pertanyaan tidak berdasarkan masalah yang ditemui kehidupan sehari-hari. Untuk itu sebuah model pembelajaran dapat dikembangkan dengan model pembembelajaran lainnya dengan menuntut siswa belajar mandiri mampu mengkontruksikan pengetahuannya hingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) pengaruh model PBL berbantuan google sites 2)pengaruh tanpa menggunakan model PBL berbantuan google sites 3) perbedaan pengaruh antara kedua model tersebut terhadap kemampuan menjelaskan dan menentukan volume bangun ruang. Metode yang digunakan yaitu penelitian eksperimen semu dan pendekatan Kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VA 24 siswa dan kelas VB 24 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis bentuk uraian. Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5% menggunakan program SPSS. Hasil penelitian disimpulkan ada perbedaan pengaruh model PBL berbantuan google sites dibandingkan tanpa model PBL berbantuan google sites terhadap kemampuan menjelaskan dan menentukan volume bangun ruang dibuktikan 5,255 ≥ 2,013 dengan taraf signifikasi 5%.
References
Anita, A. 2014. Pengaruh Media Komik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Konsep Faktor dan Kelipatan. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Atik, Syakiroh. 2021. Efektivitas Penggunaan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Upaya Peningkatan Prestasi Peserta Didik Pada Pelajaran PAI Kelas VIII di SMP Ali Maksum Krapyak Yogyakarta Tahun Pelajaran 2021. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia
Juanda, Rahmah. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Gugus Wijayakusuma Ngaliyan Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0 Kajian dari Perspektif Pembelajaran Matematika. Jurnal TATSQIF: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 16 (1).
Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. 2019. Peranan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 049-057.
Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Depok: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Vira Nur’aini, Wahid Ibnu Zaman, Nurita Primasatya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.