Metode Demonstrasi Berbantuan Media Pembelajaran Microsoft Sway Pada Peningkatan Prestasi Belajar Di Sekolah Dasar

Authors

  • Pungky Saheriestyan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nurita Primasatya Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

metode demonstrasi, microsoft sway, prestasi belajar

Abstract

Selama pandemi seperti saat ini, menuntut guru untuk lebih kreatif lagi dalam melakukan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran yang monoton membuat peserta didik menjadi bosan dan kurang berminat untuk belajar, sehingga berdampak pada prestasi belajar peserta didik yang menurun. Salah satu alternatif yang dapat dijadikan guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik adalah melalui metode demonstrasi dengan berbantuan media microsoft sway. Metode demonstrasi yang mempertunjukkan proses pembelajaran secara langsung kepada peserta didik, dengan berbantuan media pembelajaran microsoft sway yang memudahkan guru dalam menyampaikan materi pelajaran serta menarik simpati belajar peserta didik pada saat pembelajaran jarak jauh. Dengan desain solusi tersebut diharapkan akan membantu guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di Sekolah Dasar selama masa pandemi covid-19.

References

Ahmadi, A., & Supriyono, W. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Anitah, W. 2014. Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Ardian, S., Hasanah, W.K., & Rana, F.I. 2020. Pemanfaatan Microsoft Sway dan Microsoft Form Sebagai Media interaktif dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Bihari: Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah, 3(1), 66-74. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bihari/article/view/2520

Belajar. 2016. Pada KBBI Daring. Diambil 10 Agustus 2021, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/belajar

Fahmi, M.H. 2020. Komunikasi Synchronous dan Asynchronous dalam E-learning pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Nomosleca, 6(2): 146-158. https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/n/article/view/4947

Faizah, S, N. 2017. Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru adrasah Ibtidaiyah, 1(2), 176-185.

Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kristina, M., Sari, R.N., & Nagara, E.S. 2020. Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Provinsi Lampung. Jurnal Idaarah, IV(2): 200-209. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/view/16945

Majid, A. 2015. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdokarya.

Munirah. 2018. Prinsip-Prinsip Belajar dan Pembelajaran. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 116-125. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/116-125

Rosyid, M.F., Mustajab, & Abdullah, A.R. 2019. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Segala, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta: Alfabet.

Syafi’i, A, Marfiyanto, T, & Rodiyah, S.K. 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2): 115-123. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/114

Wahab, R. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2021-12-17

How to Cite

Saheriestyan, P. ., & Primasatya, N. . (2021). Metode Demonstrasi Berbantuan Media Pembelajaran Microsoft Sway Pada Peningkatan Prestasi Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 627–638. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1610

Issue

Section

Articles