Inovasi Media Pembelajaran Food House Materi Hubungan Antar Komponen Ekosistem Dan Jaring-Jaring Makanan Sekolah Dasar
Keywords:
Food House, Jaring-jaring MakananAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi di SDN 1 Tanjungkalang dengan mewawancarai guru dan dengan melihat proses pembelajaran bahwa di kelas V diketahui bahwa guru tidak menggunakan media pembelajaran dan guru menggunakan metode ceramah pada materi hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan media, keefektifan media, dan kemenarikan media Food House. Pada penelitian ini menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi media, materi, soal, respon guru, dan respon siswa. Hasil penelitian pengembangan media Food House sebagai berikut: (1) Media Food House dinyatakan valid karena mendapatkan presentase 88%, materi 90%, dan post test 88%. (2) Media Food House dinyatakan efektif karena memperoleh presentase 91% untuk soal PG dan 92% soal essay. (3) Media Food House dinyatakan menarik karena mendapatkan respon guru dengan presentase 96% dan respon siswa 100%. Dapat disimpulkan media Food House valid dan layak digunakan pada pembelajaran IPA materi hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di Sekolah Dasar.
References
Pribadi Benny A. 2014. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi, Kencana; Jakarta.
Ega, Rima Wati. 2016. Ragam Media Pembelajaran, Kata Pena.
Rosyid, Moh. Zaiful, dkk. 2019. Ragam Media Pembelajaran. Malang:CV. Literasi Nusantara Abadi
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Zunaidan, F. N. & Amin, M. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan Dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2 (1). (Online), tersedia : http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/view/3368
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Vinia Pratama, Abdul Aziz Hunaifi, Bagus Amirul Mukmin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.