Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Didukung Media Diorama Terhadap Kemampuan Menganalisis Komponen Ekosistem Pada Siswa Kelas V SDN Tegowangi Kabupaten Kediri

Authors

  • Shanty Ulfaliana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ita Kurnia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Bagus Amirul Mukmin Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

model group investigation, media diorama, komponen ekosistem

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi peneliti bahwa masih banyak siswa yang belum memahami materi komponen ekosistem dengan baik. Permasalahan dalam penelitian meliputi: (1)apakah ada pengaruh model group investigation didukung media diorama terhadap kemampuan menganalisis komponen ekosistem pada siswa kelas V SDN Tegowangi, (2)apakah ada pengaruh model direct instruction didukung media diorama terhadap kemampuan menganalisis komponen ekosistem pada siswa kelas V SDN Tegowangi, (3)apakah ada perbedaan pengaruh model group investigation didukung media diorama dengan model direct instruction didukung media diorama terhadap kemampuan menganalisis komponen ekosistem pada siswa kelas V SDN Tegowangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation didukung media diorama terhadap kemampuan menganalisis komponen ekosistem pada siswa kelas V SDN Tegowangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik eksperimen. Desain penelitian yang digunakan nonrandomized preest posttest control group desain. Berdasarkan analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menganalisis komponen ekosistem menggunakan model group investigation didukung media diorama hasil posttest sebesar 89,90 sedangkan model direct instruction didukung media diorama hasil posttest sebesar 71,75.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bndung: Pustaka Setia.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (I). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Juwitaningsih, D. (2018). Lingkungan Hidup Kita. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan- Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Shoimin, A. (2017). Inovatif 68 Model Pembelajaran Untuk Kurikulum 2016. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, N. (2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bndung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujana, Nana & Rivai, A. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sukardi. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijono, A. (2016). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-12-28

How to Cite

Ulfaliana, S., Kurnia, I., & Mukmin, B. A. . (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Didukung Media Diorama Terhadap Kemampuan Menganalisis Komponen Ekosistem Pada Siswa Kelas V SDN Tegowangi Kabupaten Kediri. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 874–882. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3136

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)