Pengembangan Media Mobil Hitung Untuk Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Pada Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Faisyal Purnomo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Bagus Amirul Mukmin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sutrisno Sahari Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

pengembangan media mobil hitung

Abstract

Penelitian ini didasari dari temuan peneliti di sekolah dasar yang menunjukkan bahwa di sekolah dasar pendidik tidak memanfaatkan media pembelajaran, pendidik hanya memanfaatkan papan tulis sebagai alat dalam menyampaikan materi pembelajaran. Selanjutnya, siswa tidak dapat mengingat dan memahami materi matematika umum tentang ekspansi dan pengurangan bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran mobil hitung (2) Mengetahui tingkat keabsahan termasuk kendaraan yang digunakan dalam sistem pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan. Eksplorasi ini menggunakan Research and development (karya inovatif) dengan model ADDIE. Tahapan dalam eksplorasi ini dimulai dengan pemeriksaan, perencanaan, pengembangan, dan penilaian. Tahap investigasi meliputi pengujian pelaksanaan dan pengujian persyaratan, tahap perencanaan mencakup ide dan rencana produk, tahap pembuatan meliputi pembuatan produk, persetujuan ahli media dan ahli materi, tahap penilaian, untuk merombak item secara spesifik seperti yang ditunjukkan oleh ide-ide dari ahli media dan materi. Penelitian ini menggunakan instrumen angket untuk mendapatkan penilaian dari ahli media, dan ahli materi untuk Matematika. Menurut pendapat ahli media produk ini mendapat skor 93% dengan klasifikasi yang sangat layak, dan angket ahli materi mendapat skor persentase 83% dengan kategori yang sangat layak sehingga diperoleh persentase skor rata-rata 88% dengan klasifikasi yang sangat layak. Sejalan dengan itu, sehingga media mobil hitung dapat dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa SD untuk penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

References

Akbar, S. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Anwar B.T., Choerul. 2016. Pengembangan media pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat berbantuan komputer untuk siswa kelas IV SD/ MI. Tesis. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Dwiyul, W. Mahardika. 2019. Pengembangan media kereta hitung bilangan untuk pembelajaran matematika penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas IV di kecamatan Plemahan. Sistem Informasi Manajemen Karya Ilmiah Universitas Nusantara PGRI Kediri, 1-12. Diakses dari http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2019/14.1.01.10.0175.pdf. pada tanggal 17 Juni 2021.

Endraswara, Suwardi. 2007. Metode, Teori, Teknik Penelitian Kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Gradini, E. (2016). Miskonsepsi dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar di Dataran Tinggi Gayo. NumeracyJournal, 3(2).

Heruman. 2008. Model pembelajaran matematika di sekolah dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ilma, R. (2014). Implementasi Alat Peraga Bilangan Bulat Bagi Guru Sekolah Dasar (SD) SeKecamatan Ilir Barat 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 73-79. Diakses dari https://doi.org/10.22342/jpm.5.1.823.pada tanggal 20 Mei 2020.

Martinis, Yamin Dan Bansu I. Ansari. 2009. Taktik pengembangan kemampuan individual siswa. Jakarta: Gaung Persada Perss.

Pribadi, A. Benny. 2014. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implimentasi Model ADDIE. Jakarta: Kencana.

Rayandra, Asyhar. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA.

Windiastuti, Yuyun 2017. Pengembangan alat peraga matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan keping BILBUL untuk kelas IV SD/ MI. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta

Downloads

Published

2021-12-17

How to Cite

Purnomo, F. ., Mukmin, B. A. ., & Sahari, S. (2021). Pengembangan Media Mobil Hitung Untuk Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 538–549. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1598

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)