Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Mamaga Pada Materi Macam-Macam Gaya Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Luthfi Nurfarida Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sutrisno Sahari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ilmawati Fahmi Imron Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Media Pembelajaran MAMAGA, Macam-macam Gaya

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu dilihat dari hasil observasi yang dilakukan di SDN Gayam 3 Kota Kediri. Hasil observasi yang dilakukan yaitu siswa ramai sendiri pembelajaran, guru tidak menggunakan media yang menarik. Tujuannya untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran MAMAGA guna membantu pada proses pembelajaran di kelas dengan materi macam-macam gaya. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri  dari lima tahap yaitu : analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), and evaluations (evaluasi). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji kelayakan, uji keefektifan, dan uji keprakisan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Berdasarkan uji kevalidan diperoleh hasil dari validasi ahli media yaitu 87% Hasil dari validasi ahli materi yaitu 86%. Sedangkan hasil dari uji keefektifan yaitu 100%. Sedangkan hasil dari uji kepaktisan yaitu angket dari guru 100% sedangkan hasil angket dari siswa mendapatkan nilai 88%. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran MAMAGA sangat baik jika digunakan oleh guru dan siswa pada saat proses pembelajaran pada materi macam-macam gaya.

References

Akbar, Sa‟dun. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Cahyadi, Dede. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Pokok Bahasan Wujud Zat dan Perubahannya Kelas VII SMP N 5 SATU ATAP BUMIJIWA. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : ALFABETA, CV

Hasan, Rahmaibu Farida. 2016. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia dengan Menggunakan Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Studi Kasus:SDI AL MADIUN SEMARANG. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Salirawati Das. 2018. Smart Teaching Solusi Menjadi Guru Profesional. Jakarta. Bumi Aksa

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sumiharsono, Rudy dan Hisbiyatul Hasanah. 2017. Media Pembelajaran.

Jawa Timur : Pustaka Abadi.

Tegeh, I Made, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Ummyssalam. 2017. Buku Ajar Kurikulum dan Media Pembelajaran PLS.Yogyakarta : Deepublish.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2021-12-07

How to Cite

Nurfarida, L. ., Sahari, S. ., & Imron, I. F. . (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Mamaga Pada Materi Macam-Macam Gaya Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 269–276. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1524

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)