Pengembangan Media Jaman (Jam Kejadian) Pada Materi Satuan Waktu Tema 6 Siswa Kelas III SDN 01 Banumas Tahun Ajaran 2021/2022
Keywords:
JAMAN (Jam Kejadian), ADDIE, matematikaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara yang menunjukkan bahwa nilai siswa masih banyak yang dibawah KKM hal tersebut disebabkan metode dan penggunaan media pembelajaran berukuran kecil dan kurang menarik. Adapun cara menyelesaikan masalah tersebut, maka dibutuhkan sebuah media yang pengembangan. Tujuan penelitian ini, 1) Mendeskripsikan prosedur pengembangan media JAMAN pada materi satuan waktu Tema 6; 2) Mendeskripsikan validitas media JAMAN pada materi satuan waktu Tema 6; 3) Mendeskripsikan kepraktisan media JAMAN pada materi satuan waktu Tema 6. Desain penelitian ini menggunakan R&D, yaitu research and development. R&D yang digunakan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapanya ada 5 yaitu 1) Analysis (Analisis); 2) Design (Desain); 3) Development (Pengembangan); 4) Implementation (Implementasi); 5) Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini, seluruh siswa kelas III SDN 01 Banumas. Hasil penelitian ini adalah 1) Media JAMAN (Jam Kejadian) dinyatakan layak berdasarkan hasil validasi angket validator media dengan menghasilkan presentase 86%; 2) Materi satuan waktu dinyataakan valid berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dengan skor 84%; 3) Hasil angket respon guru mendapatkan skor presentase 90% dapat dikategorikan valid atau layak digunakan
References
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pengembangan. Jakarta: PT Gravindo Persada.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Pribadi, A Benny. 2014. Desain dan Pengembangan Progam Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenadamedia Group.
Akbar, Sa’dun. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Wardatul Mustaghfiroh, Abdul Aziz Hunaifi, Karimatus Saidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.