Problematika Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN Kendalrejo 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar

Authors

  • Ria Fajrin Rizqy Ana Prodi PGSD Universitas Bhinneka PGRI

Keywords:

problematika, siswa kelas IV, pembelajarang daring

Abstract

Pada pelaksanaan pembelajaran daring menimbulkan problem di hadapi siswa selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis problematika yang dialami siswa dalam pelaksanaan pembelajarang daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi  kasus. Instrumen yang digunakan adalah wawancara. Subjek penelitian ini siswa kelas IV. Teknik analisis data penelitian adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemic Covid-19 di kelas IV SDN Kendalrejo 01, yaitu: 1) Siswa mengalami tidak bisa menangkap materi yang diberikan guru, 2) Alat/fasilitas belajar, yaitu terkendala sinyal, keterbatasan kuota internet, dan belum memiliki handphone sendiri, 3) materi yang disampaikan guru hanya melalui WAG, 4) guru tidak memberikan tutorial video materi. Saran dalam penelitian ini adalah guru harus menggunakan strategi mengajar yang bervariasi agar siswa lebih berminat dalam mengikuti proses pembelajaran daring, sekolah lebih serius dalam mengupayakan mencari solusi bagi siswa yang terkendala dengan fasilitas pembelajaran, dan keluarga sebaiknya memperhatikan proses belajar dan perkembangan anak dalam belajar daring.

References

Apriliana, N. M. A. S. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas Iv Mi Bustanul Mubtadin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, 1–77.

Astuti, Key. (2018). Pembelajaran Daring dan Peran Ganda Orang tua. Kompasiana. EduPsyCouns Journal, 2 (1), 1–12.

Basuki, K. (2019). 済無No Title No Title. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Hartanto, Widodo. (2016). Psikologi Pendidikan. Jakarta Utara: PT.Raja Grafindo Persada.

Haryu, Kusuma. (2017). Mengatasi Gangguan Konsentrasi. Bandung: Puspa Swara.

Hidayat, Firman & Imroatun. (2018). WhatsApp Kuliah Mobile. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/.

Jamilah, Kristiyatun. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.

Kamayanthy, D. Y. (2020). Analisis Pembelajaran Menggunakan Edmodo Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas Xii Dpib Di Smkn 1 Majalengka Tahun Ajaran 2020-2021. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689–1699.

Lubis, Alsi. (2020). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek, 2(1).

Marthaningrum, E. (2020). Problematika Pembelajaran E-Learning Bagi Guru Kelas Rendah Di Tengah Pandemi Covid 19. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Pamuji. (2016). Problematika Pembelajaran Pendidikan... Andes Imron Pamuji, Fakultas Agama Islam UMP, 2019. 6–23.

Prayitno, 2018. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Retnani, P. eko. (2009). Problematika Pembelajaran Al- Islam…, Pupi Eko Retnani, Fakultas Agama Islam UMP, 2018. 8–41.

Risalah, W Ibad, L Maghfiroh, M I Azza, S A Cahyani, & Z A Ulfayati. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di MI/SD (Studi KBM Berbasis Daring Bagi Guru dan Siswa). JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.5

Saleh, A. M. (2020). Problematika Kebijakan Pendidikan Di Tengah Pandemi Dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 2(2), 24–24.

Sari, N. (2020). Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Daringmasa Pandemic Covid-19 di MIN 3 Medan. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 2(3), 44–57. https://doi.org/10.51178/jetl.v2i3.67

Supriadi, Abdul. (2019). Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Dalam Masa Pandemi Ditinjau Dari Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(3), 65.

Syah, M. (2013). Psikologi Belajar. Rajagrafindo Persada.

Taradisa. (2020). Kendala Yang Dihadapi Guru Mengajar Daring Pada Masa Pandemi COvid 19 MIN 5 Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 1(1), 23.

Wibowo, C. H. (2015). Problematika profesi guru dan solusinya bagi kualitas pendidikan. Media.Neliti.Com, 1–188. https://media.neliti.com/media/publications/146215-ID-pentingnya-profesionalisme-guru-dalam-me.pdf

Yulianti, Fey & Hayun. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian. Journal Of Educational Science (IJES).2(2). 19-25.

Zain. (2021). Problematika Pembelajaran Daring pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1840–1846.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Ana, R. F. R. . (2022). Problematika Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN Kendalrejo 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 849–859. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2392

Issue

Section

Articles