Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Asesmen Diagnostik Dalam Menguatkan Literasi Anak Kelas 1 di SDN Banjaran 5

Authors

  • Anik Rachmawati SDN Banjaran 5
  • Anik Lestariningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

model pembelajaran, inovatif, asesmen diagnostik, literasi, SD

Abstract

Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru karena anak-anak dalam pembelajaran daring sebagai dampak adanya pandemi maka di awal pembelajaran kelas 1 SD sebagai langkah awal menerapkan asesmen diagnostik untuk mengetahui kemampuan awal anak-anak dalam tahap membaca untuk mengetahui penguatan literasi seperti apa yang akan diberikan ketika proses pembelajaran berlangsung. Hasil asesmen awal menunjukan 28 siswa, yang sudah bisa membaca ada 26 siswa, yang satu siswa sudah bisa mengenali huruf dan sedikit-sedikit bisa merangkai suku kata, sedangkan yang satu siswa lagi sudah bisa mengenali huruf tapi masih belum bisa merangkai menjadi suku kata. Data ini kemudian digunakan dalam merancang pembelajaran inovatif sebagai pilihan tambahan penguatan anak adalah kartu kata yang dibuat guru disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak yang masih dalam tahapan bermain di kelas awal sekolah dasar. Pemilihan yang digunakan dalam desain penulisan artikel ini adalah kualitatif dimana data pokok akan diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dilanjutkan pengolahan dianalisis menggunakan penguatan hasil penelitian terdahulu, teori pendukung dan kondisi yang terjadi di sekolah diuraikan secara narasi melalui analisis deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini sebagai upaya penguatan literasi di kelas 1 SDN Banjaran 5 dimana menegaskan asesmen diagnostik sangat bermanfaat dalam membantu siswa mengatasi permasalahan pembelajaran yang dihadapinya.

References

Aisyah, S., Yarmi, G., Sumantri, M. S., & Iasha, V. (2020). Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Whole Language di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 637–643. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.393

Ayuniar, D., Affandi, L. H., & Setiawan, H. (2021). UPAYA GURU DALAM MENGAJARKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SD PADA MASA PANDEMI COVID-19 SDN GUGUS IV KECAMATAN PUJUT. PROGRES PENDIDIKAN, 2(1), 26–30. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.75

Darmiyati, D. (2020). PENILAIAN UNJUK KERJA DALAM PENGEMBANGAN AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DIN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 74. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i1.8532

Lestari, E. D. (2021). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELAS 1 SD NEGERI 01 SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA. Consilium: Education and Counseling Journal, 1(2), 112. https://doi.org/10.36841/consilium.v1i2.1098

Mariani, S. (2017). Analyze of Diagnostic Assessment and Remedial Teaching Result of Mathematics Problem Solving Achievement by Problem Based Learning Model. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), 215–222.

Nehru Meha, & Adiyati Fathu Roshonah. (2014). IMPLEMENTASI WHOLE LANGUAGE APPROACH SEBAGAI PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBAHASA AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD NON FORMAL. Jurnal Pendidikan, 15(2), 68–82. https://doi.org/10.33830/jp.v15i2.415.2014

Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMBACA PERMULAAN DI KELAS SATU SEKOLAH DASAR. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69–76. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p069

Riswiarti, L. (2021). Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas 1 dengan Media Kartu Kata Bergambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Kebonagung 03 Tahun Pelajaran 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 3(2), 15–30. https://doi.org/10.36653/educatif.v3i2.44

Sueca, I. N., & Sri Darmayanti, N. W. (2020). PEMBINAAN DAN PEMBIMBINGAN KEGIATAN LITERASI DASAR DALAM PEMBELAJAAN DI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA ANAK-ANAK BANJAR DINAS TEMUKUS, DESA BESAKIH. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 557. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3388

Zulfitrah, Z. (2021). Pelatihan Asesmen Mebaca Permulaan Bagi Guru Kelas 1 SD Negeri Sarijadi Bandung. SPEED Journal : Journal of Special Education, 4(2), 77–91. https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.404

Downloads

Published

2022-08-04

How to Cite

Rachmawati, A. ., & Lestariningrum, A. . (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Asesmen Diagnostik Dalam Menguatkan Literasi Anak Kelas 1 di SDN Banjaran 5. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 891–898. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2408

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)