Implementasi Program Holistik Integratif Di Tk Labschool UNP Kediri Melalui SDIDTK
Keywords:
holistic integratif, SDIDTK, anak usia diniAbstract
Permasalahan yang di alami di TK Labschool UNP Kediri terdapat pelaksanaan salah satu program holistik integratif yaitu kurang optimalnya laporan perkembangan anak yang memasukkan analisis capaian. SDIDTK merupakan salah satu upaya yang dapat digunakan dalam rangka mengidentifikasi capaian perkembangan anak. Tujuan penulisan artikel mendeskripsikan implementasi program HI melalui SDIDTK. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dimana orang tua menjadi subjek penelitian yang mendampingi anak di rumah. Analisis dilakukan dengan membuat kesimpulan secara deskriftif kualitatif dijabarkan sedderhana dikaitkan teori yang ada. Hasil yang diperoleh menyatakan: (1) Holisitik Integratif di lembaga perlu di programkan dalam program tahunan oleh Kepala Sekolah, (2) SDIDTK dapat dilakukan oleh guru secara mandiri berpedoman pada panduan yang ditetapkan dinas kesehatan, (3) Evaluasi program HI perlu dilakukan secara berkelanjutan. Rekomendasi yang diberikan oleh penulis guru PAUD perlu belajar dan terus menambah wawasan terkait implementasi SDIDTK dalam upaya pengoptimalan capaian perkembangan anak melalui pelaksanaan HI terpogram.
References
Apriningrum, N., Carudin, C., & Rahayu, M. A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi KPSP Berbasis Android Bagi Anak Balita Sampai Pra Sekolah di Kabupaten Karawang. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 6(4), 200. https://doi.org/10.26418/justin.v6i4.27385
Hanik, M., Kartasurya, M., & Dharminto. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja bidan dalam pelaksanaan stimulasi deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang balita dan anak prasekolah ( Studi pada bidan yang bekerja di Puskesmas Kabupaten Sidoarjo ). Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 02(03), 190–196.
Laila, L. Z. I. (2013). Penyelenggaraan Program Paud Holistik Integratif Di Paud Siwi Kencana Kota Semarang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(1), 73–83.
Pembinaan, A., Socah, D. K., & Kunci, K. (2019). PENDAMPINGAN DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG ANAK DENGAN KABUPATEN BANGKALAN Uswatun Khasanah Prodi D3 Kebidanan Bangkalan , Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya , Badriyah Prodi D3 Kebidanan Bangkalan , Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya Sutio Rahardjo. 3(1), 27–32.
Pranata dkk. (2013). PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 60 TAHUN 2013.
Setyaningsih, P., Khanifah, M., & Chabibah, N. (2017). Layanan Tumbuh Kembang Balita dengan Pendampingan Ibu dan Anak Sehat. University Research Colloquium, 81–86.
Suryandari, A. E., & Purwanti, S. (2018). Analisis Pengetahuan Guru PAUD/TK tentang SDIDTK dengan Pelaksanaan Deteksi Penyimpangan Perkembangan Balita. Jurnal Publikasi Kebidanan, 9(1), 11–20.
Syofiah, P. N., Machmud, R., & Yantri, E. (2019). Analisis Intervensi Pelaksanaan Dini Program Deteksi Balita dan di Tumbuh Kembang ( SDIDTK ) Puskesmas Kota Padang Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(4), 151–156.
Uly, Y. A. (2020). Pahami Tiga Kebutuhan Dasar Tumbuh Kembang Anak: Asuh, Asih, dan Asah. Kompas.com.
Yulianto, D., Lestariningrum, A., & Utomo, H. B. (2016). ANALISIS PEMBELAJARAN HOLISTIK INTEGRATIF PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA PG-PAUD Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 277–294.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Pangestika Regita Pramesti, Anik Lestariningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.