Penguatan Pendidikan Karakter melalui Projek Profil Pelajar Pancasila di SDN Banjaran 3 Kota Kediri
Keywords:
karakter, projek, profil pelajar pancasila, SDAbstract
Kegiatan projek merupakan proses pembelajaran paradigm baru dimana memuat elemen profil pelajar Pancasila yang dikembangkan pada diri anak sebagai penguatan konsep pendidikan karakter dalam implementasi kurikulum merdeka. SDN Banjaran 3 sebagai salah satu sekolah peserta program sekolah penggerak (PSP) dalam penerapan projeknya di rancang menggunakan tema yang sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan selama 1 (satu) tahun pelaksaannya. Permasalahan dihadapi tentang perubahan sikap perilaku tercermin dari karakter anak dirasakan meningkat sebagai dampak upaya mengembalikan anak setelah pembelajaran online PJJ (pembelajaran jarak jauh) dimana anak terlihat kurang fokus, kurang rasa sikap menghormati jika ketemu terlihat cuek, juga saat hafalan dan gerakan ibadah saat ujian praktik kelas enam (6) dirasa perlu penguatan lagi. Rancangan penelitian yang dipilih adalah kualitatif yang bertujuan mendeskrisikan tentang penerapan penguatan pendidikan karakter dengan subjek siswa kelas 4 SD Banjaran 3 Kota Kediri sejumlah 22 anak.Penggalian data bersumber utama dokumentasi rangkaian proses pembelajaran dari perencanaan, pengenalan sampai gelar karya dianalisis secara deskriptif. Hasil menunjukan proses pendidikan karakter melalui projek dari awal perencanaan, pemberian pengetahuan, pelaksaan sampai pada gelar karya dibutuhkan pendampingan dan juga upaya guru secara inovatif dalam memotivasi anak serta dibutuhkan dukungan orang tua masyarakat sekitar dalam upaya memujudkan profil pelajar Pancasila.
References
Aini, N., & Asror, M. (2022). IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA JENJANG SD/MI. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 16–24. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p16-24
Dewi Pratiwi, W. (2021). Learning loss : Jurnal EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 147–153.
Kusuma, A. I. (2017). STRATEGI MANAJEMEN SEKOLAH DASAR DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 77. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9590
Lestariningrum, A. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Nilai-nilai Pancasila Masa Pandemi Pada Anak Usia Dini Abstrak. Journal Of Modern Early Childhood Education, 01(01), 11–18.
Megawangi, R. (2009). Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Vokasional (SNPV), 1–8.
Pengembangan, P. (n.d.). Projek Penguatan.
Supriyadi, E. (2009). Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Vokasional (SNPV), 1–8. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131666734/penelitian/2-pengembangan-pendidikan-karakter-di-sekolah.pdf
Salinan KEPUTUSAN KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI NOMOR 009/H/KR/2022 TENTANG DIMENSI, ELEMEN, DAN SUBELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA
Wulandari, R., Ayu, N., Dewi, N., & Lamopia, I. W. G. (2020). Representasi Peran Guru dalam Pembentukan Pendidikan Karakter bagi Siswa Sekolah Dasar di SDN 3 Tonja Denpasar. Madaniya, 1(1), 9–18. https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fifi Khoirillah, Tedjo Cahyono, Dewi Maslakah, Riesma Saraswati, Anik Lestariningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.