Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 7 Sebagai Upaya Membumikan Nilai-Nilai Pancasila

Authors

  • Herdian Tria Wulan Sari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Irawan Hadi Wiranata Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Guruh Sukma Hanggara Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wikan Sasmita Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

kampus mengajar, pendidikan karakter, nilai-nilai pancasila

Abstract

Character education is one effort to improve the quality of education in Indonesia. The Program Kampus Mengajar Batch 7 at SD Negeri Gayam 3 was implemented as an effort to instill Pancasila values ​​through character education. This research aims to analyze the implementation of character education through the Program Kampus Mengajar Batch 7 at SD Negeri Gayam 3. The research method used is a qualitative descriptive method through direct observation and interviews with teachers and students. In implementing this program, Kampus Mengajar Batch 7 students work together with teachers and students to develop students' abilities to actively participate in learning and build character in accordance with Pancasila values. The results of the research show that the Program Kampus Mengajar is able to help instill Pancasila values ​​in students, as well as increase students' awareness of the importance of Pancasila values ​​in everyday life. The conclusion of this research is that the Program Kampus Mengajar Batch 7 can be used as an effort to instill Pancasila values ​​in Indonesia.

References

Adilah, H. G., & Suryana, Y. (2021). Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Mutu‎ Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 6(1), 87–94.

Agustin, T. T., Wiranata, I. H., & Nursalim, N. (2022). Upaya Penanaman Pendidikan Karakter melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 4 di SMP Hasanudin Kota Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 630–646.

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler dalam membina karakter peserta didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837.

Hanggara, G. S. (2016). Efektifitas Cinema Terapi untuk Mengembangkan Karakter Respek Siswa. Jurnal Pendidikan Unesa. Vol.2 no.1 Hal.32, 41.

Haris, H. (2020). Implementasi program penguatan pendidikan karakter di sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2), 305–325.

Hasibuan, N., Khasanah, U., & Alanur, S. N. (2024). Transformasi Pendidikan Karakter: Menuju Sdm Unggul Dan Berkelanjutan. Penerbit Tahta Media.

Insani, G. N., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8153–8160.

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan menjaga kebersihan di sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68.

Johansyah, J. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Islam; Kajian dari Aspek Metodologis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 85–103.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2024). Buku Panduan Kampus Mengajar 7.

Kurniawaty, J. B. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Di Tingkat Sekolah Dasar. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan Dan Wawasan Kebangsaan, 1(2).

Kurniawaty, J. B., & Widayatmo, S. (2021). Membumikan nilai-nilai pancasila dalam dunia pendidikan di Indonesia. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan Dan Wawasan Kebangsaan, 1(1).

Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan sebagai metode pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141.

Nur, R. A. P., Truvadi, L. A., Agustina, R. T., & Salam, I. F. B. (2023). Peran Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia: Tinjauan dan Implikasi. ADVANCES in Social Humanities Research, 1(4), 501–510.

Nurhasanah, A. D., & Nopianti, H. (2021). Peran mahasiswa program kampus mengajar dalam meningkatkan kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 166–173.

Pertiwi, P. I., & Dewi, D. A. (2023). Pentingnya pendidikan kewarganegaraan untuk membangun karakter warga negara Indonesia. Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 3(4), 105–110.

Prakasa, A., Syaodih, E., & Mariyana, R. (2023). Program Unggulan Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembiasaan Beribadah: Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6165–6176.

Purna, T. H., Prakoso, C. V., & Dewi, R. S. (2023). Pentingnya karakter untuk pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era digital. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2(1), 192–202.

Putri, F. A., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan pendidikan karakter melalui nilai-nilai Pancasila pada siswa sekolah dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1581–1587.

Ritonga, T. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Generasi Muda. Jurnal ADAM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–6.

Sari, H. T. W., & Wiranata, I. H. (2024). Pendidikan HAM: Kegagalan Dunia Internasional dalam Mencegah Genosida di Rwanda 1994. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 352–358.

Suryana, S. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971

Wahyudi, L. (2022). Mengukur Kualitas Pendidikan di Indonesia. Ma’arif Jurnal of Education Madrasah Innovation and Aswaja Studies (MJEMIAS), 1(1), 18–22.

Wulan, E. P. S., & Samosir, S. E. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan IV Di SMP Swasta Darma Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12085–12090.

Downloads

Published

2024-08-03

How to Cite

Herdian Tria Wulan Sari, Irawan Hadi Wiranata, Guruh Sukma Hanggara, & Wikan Sasmita. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 7 Sebagai Upaya Membumikan Nilai-Nilai Pancasila. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 7, 284–293. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/5187

Issue

Section

Articles