Implementasi Keterlibatan Kolaborasi Anak Dengan Orang Tua Selama Belajar Dari Rumah
Keywords:
implementasi, keterlibatan, kolaborasi anak dan orang tua, belajar dari rumahAbstract
Keterlibatan anak di rumah selama belajar di rumah merupakan hal yang menarik untuk diteliti, permasalahan yang dihadapi tidak semua orang tua melibatkan anak karena usianya yang masih kecil dan beranggapan anak tidak perlu melakukan kegiatan di rumah yang berbahaya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh situasi dan kondisi alam dunia yang sedang kurang baik dengan dikejutkan akan datangnya wabah penyakit yang memaksa banyak berdiam di rumah juga pada pembelajaran anak tidak hadir di sekolah. Banyak orang tua kurang memahami hak-hak anak, kebutuhan anak yang wajib dipenuhi meskipun belajar di rumah. Berdasarkan permasalahan ini penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan kegiatan apa yang bisa dilakukan orang tua dan anak sebagai bentuk kolaborasi selama di rumah aktivitas belajarnya. Desain penelitian yang digunakan adalah studi kualitatif dimana teknik pengumpulan data digunakan dokumentasi hasil karya kiriman orang tua selama BDR. Penelitian ini dilakukan di TK Dharma Wanita Wanengpaten-Gampengrejo-Kediri pada kelompok B usia 5-6 tahun sejumlah 24 anak. Analisis data digunakan studi deskriptif kualitatif akan menguraikan secara rinci hasil kiriman orang tua melalui teknik penilaian yang sesuai dengan capaian indicator yang diharapkan. Hasil analisis kemudian dikaitkan dengan kajian teori pendukung untuk dapat menarik kesimpulan. Hasil penelitian dipaparkan dengan narasi yang sederhana.
References
Astuti. S.I. 2003. Pengembangan kecakapan Hidup (Life Skill Melalui penanaman Etos Kerja Dan Membangun Kreativitas Anak. Cikrawa/iPondldikin,Febroeri2003,Th.XXII,No.1. file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/8668-21819-1-PB.pdf
Azzahra, N.F., 2020. Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Center for Indonesian Policy Studies, No. 2.
https://www.youtube.com/watch?v=TokIS_214fA
Diana. M. 2020. Cerita Orangtua, Guru, dan anak Selama Belajar dari Rumah. https://voxpop.id/cerita-orangtua-guru-dan-anak-selama-belajar-dari-rumah/
Haerudin dkk, .2020. Peran Orang Tua dalam membimbing Anak Selama pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya memutus Covid 19. https://www.researchgate.net/publication/341708783_PERAN_ORANG_TUA_DALAM_MEMBIMBING_ANAK_SELAMA_PEMBELAJARAN_DI_RUMAH_SEBAGAI_UPAYA_MEMUTUS_COVID-19/link/5ecfc59f92851c9c5e65afd4/download
Karisma, W. T. dkk. 2020. Peran Orangtua dalam Menstimulasi Pengelolaan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 9, No.1. Juli. Semarang. Universitas PGRI Semarang.
Kemdikbud. 2020. Ayo Memasak Sup. Buku Seri Pekerjaan Rumah Untuk Anak Usia 4-6 tahun. Jakarta: Kemdikbud
Kemdikbud. 2020. Kerjasama antara Guru, Orang Tua, dan Siswa Dalam melawan Corona. https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/kerjasama-antara-guru-orang-tua-dan-siswa-dalam-melawan-corona/
Kompas.com. 10 Juli (2020). Libatkan Anak Dala Pekerjaan Rumah Tangga, ini manfaatnya, hlm.1.
Lestariningrum, dkk. 2020. Implementasi Kolaborasi Guru dan Orang Tua Dalam pembelajaran Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19. Web-Seminar Nasional (Webinar) Pendidikan.
Nugraga, A., dkk. 2011. Program Pelibatan Orang Tua dan Masyarakat. Jakarta: Universitas Terbuka
Nugrahani. Dkk. 2011. Pendidikan anak Usia Dini Berbasis Life Skills. E-Dimas Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 2(1):20. DOI: 10.26877/e-dimas.v2i1.102 . https://www.researchgate.net/publication/320128753_PENDIDIKAN_ANAK_USIA_DINI_BERBASIS_LIFE_SKILLS
Pratiwi, Niken, dkk. 2018. Analisis Implementasi Pembangunan Berkelanjutan di Jawa Timur. JIEP, Vol. 18 No. 1 hal : 1-2
Setiawan D. S. 2018. Kolaborasi Penting Untuk tingkatkan Pendidikan. https://republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/12/03/pj5r77399-kolaborasi-penting-untuk-tingkatkan-kualitas-pendidikan
Sukiman,. Dkk. 2020. Buku Seri Pekerjaan Rumah untuk Anan Usia 4-6 Tahun-Ayo Bersih-bersih Rumah. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Suroto. J.A. 2020. Guru dan Orang Tua Harus Bijak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh.Suara.com. https://yoursay.suara.com/news/2020/09/19/145930/guru-dan-orang-tua-harus-bijak-dalam-pembelajaran-jarak-jauh
UNESCO (2020). Covid-19 Educational Disruption and Response. UNESCO. Diambil dari: https://en.unesco.org/covid19/educationresponse
Wibisana, Andi G. 2013. Pembangunan Berkelanjutan: statu hukum dan pemaknaannya. Jurnal Hukum dan Pembangunan, Vol. 1 No. 1 hal : 57-6
Zalmi. Y. R & Hazizah. N. 2018. Kolaborasi OrangTua dan Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak. file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/REFILA%20YUNI%20ZALMI_16022013_A%2016_ARTIKEL%20EMOSI_UAS.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Dewi Safitri, Anik Lestariningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.