Implementasi Pembelajaran Projek Berbasis Kearifan Lokal di SD Jagalan 1 Kota Kediri
Keywords:
implementasi, pembelajaran, projek, profil pelajar pancasilaAbstract
Perubahan paradigma pendidikan menuju profil pelajar Pancasila juga sudah menjadi tujuan dalam kegiatan pembelajaran di SDN Jagalan 1. Selama satu tahun terus berbenah dimulai dari penataan sumber daya manusia, kondisi sarana prasarana juga termasuk bagaiamana agar pembelajaran berpusat pada peserta didik. Kegiatan projek yang sudah ditentukan bertemakan kearifan local dimana peserta didik akan mendapatkan pengembangan diri nilai-nilai dimensi Pancasila melalui ragam kegiatan dalam projek tersebut. Tujuan penulisan dalam artikel ini akan mendeskripsikan tentang implementasi pembelajaran projek berbasis kearifan lokal melalui projek mini yang dilakukan. Desain yang dipilih dalam penulisan adalah kualitatif dimana data bersumber dari observasi, wawancara dan dokumentasi dianalisis triagulasi dan disimpulkan melalui analisis deskriftif kualitatif. Hasil yang diperoleh menujukan kegiatan projek mini yang sederhana dilakukan kolaborasi antar peserta didik juga penguatan rancangan kegiatan oleh para pendidik menunjukan perubahan dalam pemahaman kearifan lokal tidak hanya dalam pengetahuan bertambah tetapi sikap mandiri, kreatif dan juga berpikir kritis dapat ditingkatkan dari kegiatan tersebut. Harapannya kegiatan projek mini akan dikembangkan secara terus menerus agar seluruh dimensi profil Pancasila dapat melekat dalam pembiasaan peserta didik di kehidupan sehari-hari.
References
Lestariningrum, A., & Yulianto, D. (2016). Strategy for Creative Learning By Using Traditional Games Based Multicultural in Early Childhood Education. Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education, 1, 66.
M, R., Nurlina, N., Lilianti, L., Usman, U., Risnajayanti, R., Salma, S., & Amaliah, W. O. S. (2021). Peran Guru dalam Merancang Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1527–1539. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1802
Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan Edisi Jurnal (ISSN: 0852-011), Volume 5, , 17–18.
Pengembangan, P. (n.d.). Projek Penguatan.
Prastowo, A. (2018). PERMAINAN TRADISIONAL JAWA SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN GLOBAL DI MI/SD. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 2(1), 1. https://doi.org/10.32934/jmie.v2i1.55
Riyanti, A., & Novitasari, N. (2021). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 3(1), 29. https://doi.org/10.23887/jabi.v3i1.37780
Sa’adah, M., & Mawardi, M. (2019). Peningkatan Kebermaknaan dan Hasil Belajar Siswa melalui Desain Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Projek di Sekolah Dasar. Jartika, 2(1), 1–14.
Sudibjo, N., Sari, N. J., & Lukas, S. (2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK UNTUK MENUMBUHKAN PERILAKU KREATIF, MINAT BELAJAR, DAN KERJA SAMA SISWA KELAS V SD ATHALIA TANGERANG. Akademika, 9(01), 1–16. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i01.736
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Kholid Ali, Churriya Rikha Rachman, Nila Anjani, Andri Prasetyo, Anik Lestariningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.