Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek

Authors

  • Hermada Riski Febriana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Veny Iswantiningtyas Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Metode Proyek, Kreativitas, Anak Usia Dini

Abstract

Pendekatan pembelajaran berbasis proyek   dapat membawa pembaruan pendidikan anak usia dini yang secara tradisional berfokus pada kegiatan pembelajaran yang berpusat pada guru.  Salah satu aspek yang bisa dikembangkan dengan metode ini adalah aspek kreativitas. Kreativitas yang ada dalam diri anak sangatlah penting untuk diasah karena nantinya hal ini akan menentukan masa depan seorang anak. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah deskriptif kualitatif dengan studi kepustakaan untuk mengumpulkan data dari sumber tertulis. Penulis berharap pendidik anak usia dini mampu mengembangkan pembelajaran dengan metode proyek ini agar dapat menunjang perkembangan kreativitas anak usia dini.

References

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Fakhriyani, Diana V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains.4(2). 193-200

Ismaniar & Nur, H. (2018). Buku Ajar Pelatihan Kreativitas Deu-Coupage Bagi Pendidik PAUD.Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang: Padang.

Nurwita.(2020). Meningkatkan Perkembangan Seni Anak Menggunakan Media SmartHafiz di PAUD Aiza Kabupaten Kepahiang.Early Child Research and Practice – ECRP.1(1), 34-37

Mulyani, N. (2019). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Bandung :Remaja Rosdakarya.

Masitoh, dkk.2008.Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: UT, 2008

Maharani, H. R. 2014. Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Project Based Learning Materi Statiska SMP. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula, 2(2), 199–217.

Sujiono,Y. 2013. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan jamak. Jakarta: Indeks

Rinaldi, C. 2006. In Dialogue With Reggio Emilia: Listening, Researching And Learning. London: Routlegde

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran inovatif Kontemporer Suatu tinjauan Konsetual Operasional. Jakarta timur: Bumi Aksara

Amelia, N . Aisya N. 2021. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di Tkit Al-Farabi. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 Desember 2021

Semiawan, Conny R. (2009). Memupuk Bakat danKreativitas Siswa Sekolah Menegah. Jakarta: Gramedia.

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Ngalimun, dkk. (2013). Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas.Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Milan, Rianto. (2006). Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran. Malang

Sobry, Sutikno. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Helmiati. (2013). Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Riski Febriana, H. ., & Iswantiningtyas, V. . (2022). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 815–825. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2285

Issue

Section

Articles