Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek
Keywords:
Metode Proyek, Kreativitas, Anak Usia DiniAbstract
Pendekatan pembelajaran berbasis proyek dapat membawa pembaruan pendidikan anak usia dini yang secara tradisional berfokus pada kegiatan pembelajaran yang berpusat pada guru. Salah satu aspek yang bisa dikembangkan dengan metode ini adalah aspek kreativitas. Kreativitas yang ada dalam diri anak sangatlah penting untuk diasah karena nantinya hal ini akan menentukan masa depan seorang anak. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah deskriptif kualitatif dengan studi kepustakaan untuk mengumpulkan data dari sumber tertulis. Penulis berharap pendidik anak usia dini mampu mengembangkan pembelajaran dengan metode proyek ini agar dapat menunjang perkembangan kreativitas anak usia dini.
References
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Fakhriyani, Diana V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains.4(2). 193-200
Ismaniar & Nur, H. (2018). Buku Ajar Pelatihan Kreativitas Deu-Coupage Bagi Pendidik PAUD.Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang: Padang.
Nurwita.(2020). Meningkatkan Perkembangan Seni Anak Menggunakan Media SmartHafiz di PAUD Aiza Kabupaten Kepahiang.Early Child Research and Practice – ECRP.1(1), 34-37
Mulyani, N. (2019). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Bandung :Remaja Rosdakarya.
Masitoh, dkk.2008.Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: UT, 2008
Maharani, H. R. 2014. Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Project Based Learning Materi Statiska SMP. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula, 2(2), 199–217.
Sujiono,Y. 2013. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan jamak. Jakarta: Indeks
Rinaldi, C. 2006. In Dialogue With Reggio Emilia: Listening, Researching And Learning. London: Routlegde
Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran inovatif Kontemporer Suatu tinjauan Konsetual Operasional. Jakarta timur: Bumi Aksara
Amelia, N . Aisya N. 2021. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di Tkit Al-Farabi. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 Desember 2021
Semiawan, Conny R. (2009). Memupuk Bakat danKreativitas Siswa Sekolah Menegah. Jakarta: Gramedia.
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Ngalimun, dkk. (2013). Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas.Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Milan, Rianto. (2006). Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran. Malang
Sobry, Sutikno. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Helmiati. (2013). Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hermada Riski Febriana, Veny Iswantiningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.