Strategi Guru Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Menggunakan Papan Pintar

Authors

  • Arsita Nur Aniqoh Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rosa Imani Khan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Veny Iswantiningtyas Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Startegi Guru, Kemampuan Berhitung, Papan Pintar

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang strategi yang dilakukan oleh guru untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak menggunakan papan pintar. Untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak, guru membutuhkan media pembelajaran yang menarik. Salah satu media yang dapat mengembangkan kemampuan berhitung adalah media papan pintar. Papan pintar merupakan sebuah media yang dibuat untuk memudahkan serta mengembangkan berhitung permulaan pada anak dalam  pembelajaran matematika. Papan pintar ini terbuat dari papan bekas atau kardus bekas yang kemudian dilapisi dengan kain flanel kemudian dapat ditempeli angka dalam bentuk soal-soal hitungan sederhana beserta jawabannya. Dalam memanfaatkan media papan pintar ini, guru juga bisa melakukan selingan dengan kegiatan bernyanyi dan bercerita supaya lebih menarik minat belajar anak dan memudahkan anak untuk memahami pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dalam bentuk metode studi kasus untuk memperoleh pengetahuan tentang strategi guru dalam mengembangkan kemampuan  berhitung anak. Pemilihan subjek. pengumpulan data dilakukan dengan penggunaan model interaktif dengan analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa strategi guru untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak menggunakan papan pintar efektif. Media papan pintar mampu membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik, efektif, dan berpusat pada anak untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Melalui media papan pintar, anak belajar untuk berhitung dengan cara yang menyenangkan

References

Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group

Andriani, T. (2011). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Oleh:Tuti Andriani Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan SyarifKasim Riau. 9(1).

Darnis, S. (2018). Aplikasi Montessori Dalam Pembelajaran Membaca, Menulis Dan Berhitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01).

Intanuari, A. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 118-125).

Kurniasih, I. (2009). Pendidikan anak usia dini. Jakarta: Edukasia.

Mirantika, V., Syafri, F., & Surahman, B. (2020). Permainan PAPINKA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 181-194.

M. Fadilah. (2019). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Prenadamedia Group.

Nugroho, I. R., & Listyarini, I. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Ular Tangga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV SD. JS (JURNAL SEKOLAH), 2(3), 236-245.

Nursiwi Nugraheni. (2017). Implementasi Permainan Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Journal of Madives, 1(2).

Ravik Karsidi, Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya, (Bandung,

Remaja Rosdakarya, 2018)

Safa’ah, A., & Rimadhani, N. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Berbasis Indigenousasi dengan Media Flash Card. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(2), 169-184.

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Nur Aniqoh, A. ., Imani Khan, R. ., & Iswantiningtyas, V. . (2022). Strategi Guru Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Menggunakan Papan Pintar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 826–832. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2288

Issue

Section

Articles