Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Experiential Learning pada Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Nur Afifah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nurlaila Zunaidah Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Modul, Experiential Learning, IPA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil wawancara yang dilakukan di SDN Grogol 1. Diketahui bahwa siswa kelas V kurang memahami materi hubungan antar makhluk hidup dan lingkungannya. Hal ini terjadi karena guru hanya berpaku pada buku yang disediakan sekolah dan hanya menggnakan media gambar sederhana. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan kevalidan modul pembelajaran IPA Berbasis Experiential Learning materi hubungan antar makhluk hidup dan lingkungannya (2) mendeskripsikan kepraktisan dari modul pembelajaran IPA Berbasis Experiential Learning materi hubungan antar makhluk hidup dan lingkungannya (3) mendeskripsikan keefektifan modul pembelajaran IPA Berbasis Experiential Learning materi hubungan antar makhluk hidup dan lingkungannya. Menggunakan modelpengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation dan (5) Evaluation. Pada model pengembangan ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Kesimpulan dari riset ini (1) Modul berbasis Experiential Learning dengan rata-rata 88% dari validator, artinya modul sangat valid untuk digunakan. (2) Modul berbasis Experiential Learning dinyatakan praktis dengan nilai rerata 88% berarti modul praktis digunakan. (3) Modul berbasis Experiential Learning dinyatakan efektif diperoleh dari rata-rata nilai posttest yaitu 84,69 dari KKM ≥75 dari total siswa 33.

References

Istighfatoh, Zikrina. (2014). Pelaksanaan Pembelajaran Experiential Learning di Pendidikan Dasar Sekolah Alam Anak Prima Yogyakarta.

Mahfudin, (2011). Model Pembelajaran Experiential Learning. http://www/AlbyJMahfudzMODELPEMBELAJARANEXPERIENTIALLEARNING.htm. (diakses pada 19 Januari 2022).

Masruroh, A. (2015). Pengembangan modul pembelajaran menulis cerpen berbasis pengalaman(Experiential Learning) untuk siswa SMP/MTs. Universitas Negeri Yogyakarta.

Riduwan. 2010. Skala pengukuran variable – variable penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiono, (2015). Metode penelitian dan pengembangan: research and development untuk bidang penddikan, managemen, dan social, dan teknik. Bandung: Alfabeta.

Zuhryzal, A. (2019). Keefektifan model experiential learning terhadap motivasi dan hasil belajar IPA kelas V SD Debong Kota Tegal. Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Nur Afifah, A., & Nurlaila Zunaidah, F. . (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Experiential Learning pada Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 1035–1043. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2406

Issue

Section

Articles