Pengaruh Verbal Bullying Terhadap Self Esteem Siswa Kelas V SDN Mrican 1 Kota Kediri

Authors

  • Puan Nur Jannah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Novi Nitya Santi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ilmawati Fahmi Imron Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Verbal Bullying, Self Esteem

Abstract

Sekolah adalah tempat menimba ilmu dan pembentukan karakter, sering menjadi tempat tumbuhnya praktek-praktek bullying. Verbal bullying atau perundungan dengan kata-kata yang biasanya kita hanya menganggap ejekan remeh bisa saja sangat berdampak pada psikologis seseorang. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan tentang pengaruh verbal bullying terhadap self esteem siswa kelas V SDN Mrican 1 Kota Kediri. Dalam penelitian ini hasil yang diharapkan dapat bermanfaat memberikan informasi penting bagi pihak-pihak terkait maupun sebagai acuan bagi penelitian selanjutnya. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilakukan di SDN Mrican 1 Kota Kediri. Dalam penelitian ini populasinya merupakan siswa kelas 2 sampai kelas 5. Pengambilan sampel adalah dengan menggunakan teknik sampling purposive. Sampel yang digunakan merupakan siswa kelas 5 yang berjumlah 33 siswa. Pengambilan data yang dilakukan yaitu observasi, angket, dan wawancara. Berdasarkan uji hipotesis memakai analisis regresi linier sederhana diperoleh hasil 0,000 < 0,05. Dengan demikian Ho dalam penelitian ini ditolak dan Ha diterima, artinya verbal bullying mempengaruhi self esteem siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Mrican 1 Kota Kediri.

References

Baron, Robert, A., & Byrne, D. (2012). Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Creswell, John W. 2014. Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. YOGYAKARTA : PUSTAKA PELAJAR

Chakrawati, Fitria. 2015. Bullying Siapa Takut?.Jakarta: Tiga Ananda

Ghufron dan Risnawati 2010. Teori-teori psikologi. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media Group.

Kusuma, Monica P. 2014. “Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Delengan 2, Dinginan, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Khairiah, dkk. (2013). Korelasi Antara Perilaku Bullying Dan Tingkat Self-Esteem Pada Pelajar Dua Buah SMPN Di Surabaya.

Sekol Ivana dan Farrington David P. 2016. Personal Characteristics of Bullying Victims in Residential Care for Youth. Journal of Aggression, Conflict and Peace Research, Vol. 8 No. 2, pp. 99-113.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: IKAPI.

Downloads

Published

2021-11-11

How to Cite

Jannah, P. N., Santi, N. N. ., & Imron, I. F. . (2021). Pengaruh Verbal Bullying Terhadap Self Esteem Siswa Kelas V SDN Mrican 1 Kota Kediri. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 55–61. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1402

Issue

Section

Articles