Penggunaan Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Nearpod Pada Materi Kecepatan Di Sekolah Dasar

Authors

  • Icha Biassari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Kharisma Eka Putri Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Media, Video Pembelajaran Interaktif, Aplikasi Nearpod, Kecepatan

Abstract

Semenjak virus COVID-19 mewabah di Indonesia, pemerintah menerapkan pembelajaran daring sebagai upaya dalam meminimalisir penyebaran virus tersebut. Pembelajaran daring sendiri merupakan suatu sistem pembelajaran yang baru, sehingga banyak tenaga kependidikan yang belum sepenuhnya memahami pola pembelajaran tersebut. Akibatnya muncullah berbagai polemik pada saat pelaksanaan pembelajaran daring di lapangan, seperti penyampaian materi pembelajaran yang kurang maksimal terutama pada mata pelajaran matematika yang bersifat abstrak. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memberikan alternatif cara dalam mengatasi masalah tersebut, yakni dengan menggunakan media video pembelajaran interaktif berbasis aplikasi nearpod. Langkah pembuatan media ini terdiri dari: pengajar harus membuat video pembelajaran yang menarik terlebih dahulu, kemudian video tersebut diunggah pada aplikasi youtube, setelah itu pengajar mempersiapkan ruang kelas virtual pada aplikasi nearpod serta menyisipkan beberapa pertanyaan/topik diskusi. Kelebihan dari penggunaan media ini adalah dapat diakses dengan mudah melalui berbagai perangkat elektronik dan dapat membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

References

Apa itu Nearpod & Tutorial Menggunakannya. 2020. (Online). (https://virtualiable.com/apa-itu-nearpod-tutorial-menggunakannya/), Accesed on August 13th 2021.

Biassari, I., Putri, K. E., & Kholifah, S. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2322–2329.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. 2020. Pebelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SFH) selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. DOI: https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005.

Hardianti, & Asri, W. K. 2017. Keefektifan Penggunaan Media Video dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 123–130. DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4408.

Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. 2019. Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158. DOI: https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442.

Konversi Satuan Waktu, Cara Menghitung dan Contohnya [Lengkap]. 2021. (Online). (https://saintif.com/satuan-waktu/amp/), Accesed on August 13th 2021.

Mahnun, N. 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–33.

Miftah, M. 2013. Peran dan Fungsi Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95–105.

Nearpod. n.d. (Online). (http://www.microsoft.com/id-id/education/partners/showpartnersdetails.aspx?id=2033491&i=false&t=0&p=1&ps=24), Accesed on August 13th 2021.

Penerapan Aplikasi Nearpod pada Pembelajaran IPA. 2021. (Online). (https://pdfcoffee.com/penerapan-aplikasi-nearpod-pada-pembelajaran-ipa-pdf-free.html), Accesed on August 13th 2021.

Pujiati. 2008. Permasalahan Pembelajaran Jarak, Waktu, dan Kecepatan serta Alternatif Pemecahannya di SD. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Purnomosidi, Wiyanto, Safiroh, & Gantiny, I. 2018. Senang Belajar Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. 2020. Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460.

Sadikin, A., & Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Salahuddin. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Work Sheet pada Pembelajaran Ekonomi dalam Meningkatkan Proses dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 2 Bolo Tahun Pelajaran 2015/2016. JUPE, 1, 113–129.

Sukur, Halim, M., Kurniadi, B., Haris, & Faradillahisari, R. 2020. Penanganan Pelayanan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19 dalam Perspektif Hukum Kesehatan. Journal Inicio Legis, 1(1), 1–17. https://journal.trunojoyo.ac.id/iniciolegis/article/download/8822/4912.

Tafonao, T. 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Umar. 2014. Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 131–144.

Video Interaktif, Cara Kreatif Guru dalam Masa Pembelajaran Jarak Juh (PJJ). 2020. (Online). (https://m.kumparan.com/amp/rizqi-rahmatika/video-interaktif-cara-kreatif-guru-dalam-masa-pembelajaran-jarak-jauh-pjj-1uaC0SBcZfv), Accesed on August 13th 2021.

Wardani, R. K., & Syofyan, H. 2018. Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371–381. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154.

Yohana, Muzakir, & Hardianti, D. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Qamarul Huda Badaruddin. Jurnal Tirai Edukasi, 1(4), 1–8.

Yueniwati, Y., Susanti, N., Riskiyah, & Ulhaq, Z. S. 2021. The Covidpedia. Malang: Media Nusa Creative.

Yuliana. 2020. Corona Virus Diseases (COVID-19); Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(1), 187–192. DOI: https://doi.org/10.2307/j.ctvzxxb18.12.

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Biassari, I. ., & Putri, K. E. . (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Nearpod Pada Materi Kecepatan Di Sekolah Dasar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 62–74. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1403

Issue

Section

Articles