Kahoot In Teaching English Vocabulary for Junior High School

Authors

  • Amini Luthfi Dimyati Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Yepi Sedya Purwananti Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

Keywords:

game-based learning, kahoot, vocabulary

Abstract

Belajar kosakata merupakan salah satu kendala yang dialami siswa dalam belajar bahasa Inggris. Dengan demikian, guru harus memiliki beberapa teknik yang menarik untuk mengajarkan kosakata kepada siswa. Salah satunya dengan menggunakan game. Penelitian ini mengadaptasi pembelajaran berbasis Game dengan menggunakan Kahoot. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil pengujian dapat diketahui bahwa: materi yang terdapat pada aplikasi sangat layak dan sesuai. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa metode pembelajaran menggunakan Kahoot dapat meningkatkan hasil belajar kosakata bahasa Inggris, proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa juga lebih tertarik untuk belajar bahasa Inggris. Guru lebih mudah memberikan materi kepada siswa dengan menggunakan media pembelajaran ini. Pemanfaatan dan pengembangan game sebagai media pembelajaran diharapkan dapat membantu keberhasilan proses belajar mengajar yang modern dan tepat sasaran.

References

Risnawati., Nuhung, B., & Thamrin, N. 2014. Improving Vocabulary Mastery of The Eighth Grade Students Through Song. E-Journal of English Language Teaching Society, 2(4) 1-14. (Online)

Liu, E. Z. F., & Chen, P.-K. 2013. The Effect of Game-Based Learning on Students’ Learning Performance in Science Learning – A Case of “Conveyance Go.” Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 1044–1051.

Budiati. 2017. ICT (Information and Communication Technology) Use: Kahoot Program for English Students’ Learning Booster. Education and Language International Conference, 1(1), 178–188.

Zarzycka-Piskorz, E. 2016. Kahoot it or not?: Can games be motivating in learning grammar? Teaching English with Technology, 16(3), 17–36.

Ismail, N. S., Zaid, S. B., Mohamed, M.H., & Rouyan, N. M. 2017. Vocabulary teaching and learning Principles in Classroom Practices. Arab World English Journal (AWEJ).

Lodico, M., Spaulding, D. & Voegtle, K. 2010. Methods in Educational Research: From Theory to Practice, 2nd Edition. San Francisco, CA: Jossey-Bass

Ary, D. 2010. Introduction to Research in Education Eight Edition’. United State: Wadsworth Cengage Learning.

Downloads

Published

2022-08-07

How to Cite

Dimyati, A. L. ., & Purwananti, Y. S. . (2022). Kahoot In Teaching English Vocabulary for Junior High School. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 1160–1166. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2467

Issue

Section

Articles