Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Bermuatan Karakter Cinta Tanah Air

Authors

  • Nella Audina Kusuma Citra Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Alfi Laila Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rian Damariswara Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

pengembangan, bahan ajar siswa, karakter cinta tanah air dan siswa kelas IV Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini : (1) Deskripsi Penggunaan Bahan Ajar di Sekolah Dasar, dan (2) Mengetahui formulasi bahan ajar siswa yang dibutuhkan pembelajaran tentang karakter cinta tanah air. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, survey dan dokumen angket need assesment. Purposive sampling digunakan untuk pemilihan informan. Sedangkan teknik analisis dataya menggunakan trianggulasi dengan langkah pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan meliputi (1), Guru SD di Kota Trenggalek sudah menggunakan bahan ajar siswa sebagai pendukung pembelajaran, namun masih kurang bervariasi mengenai isi, tujuan dan materi penanaman nilai karakter cinta tanah air. (2), Bahan ajar yang perlu dikembangkan adalah bahan ajar siswa tema indahnya keragaman negeriku untuk menanamkan karakter cinta tanah air. Hasil dari penelitian ini sangat penting karena sebagai landasan ragam pengembangan bahan ajar siswa kelas IV Sekolah Dasar bermuatan karakter cinta tanah air

References

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta.

Abdul Majid. 2008. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Jakarta: PT. Rosda Karya.

Affandi. 2011. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Yayasan Bina. Pustaka Sarwono Prawirohardjo: Jakarta

Andi Prastowo. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunillah, Nurla. 2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Laksana.

Basuki, Agus Rinto. 2013. “Tindak Tutur ‘Menolak’ dalam Bahasa Jawapada Masyarakat Jawadi Surakarta”. Jalabahasa. Volume 9, Nomer 2, Halaman 1-14.

Darmiyati Zuchdi. 2011. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta : UNY Press.

Dirman dan Cicih Juarsih. 2014. Teori Belajar dan Prinsip-prinsp Pembelajaran yang mendidik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fatmawari Desy Arsi. 2018. Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SDN Pilangsari 3 Sragen Tahun Pelajaran 2018. Publikasi Ilmiah.UMS: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Guswantoro, Jefri. 2018. Implikasi Perkawinan Di Bawah Umur terhadap Keharmonisan Rumah Tangga. Jurnal Hukum Keluarga Islam IAIN Purwokerto. 1(3). 1-9

Heru Purnomo, Insih Wilujeng. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Dan Instrumen Penilaian Ipa Tema Indahnya Negeriku Penyempurnaan Buku Guru Dan Siswa Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 4 (1), Januari 2016-78

Indri Triyani Putri. 2020. Analisis Karakter Toleransi Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Pada Buku Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar. STIKIP. Vol.3 No.2.

Kustandi dan Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Laila, Alfi dan Karima, Saidah. 2020. Potential and Barrier Analysis, Implementation of

Education Based on Local Wisdom in SDN Burengan 2 Kediri, Indonesia. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management

Dubai, UAE, March 10-12.

Maharani Puri Putri, Laila Alfi, Santi, Novi Nitya. 2020. Pengembangan Media Video Berbasis Kearifan Lokal Kediri Untuk Mencermati Karakter Tokoh-Tokoh Yang Terdapat Pada Teks Fiksi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Plaosan 2. Artikel SIMKIUNPKediri.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara

Nasution. 2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

P Sitepu. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santrock, J.W. 2012. Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup Edisi 13 Jilid 1, Penerjemah: Widyasinta,B).Jakarta: Erlangga.

Sekar Dwi Ardianti. 2019. Implementasi Pembelajaran Berbasis Ethno-Edutainment Untuk Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan.Vol. 9 No. 2.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sutijan. 2015. Pengembangan Instrumen Penilaian Pendidikan Karakter Terpadu. Jurnal FKIP UNS.Vo.18 No. 2.

Winaryati, dkk. 2015. Nilai-nilai Karakter dalam Model Pembelajaran ”Wisata Lokal. UNIMUS: Universitas Muhammadiyah Semarang, University Research Coloquium. Vol. 2. ISSN. 2407-9189.

Zubaedi, 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2022-08-04

How to Cite

Citra, N. A. K. ., Laila, A. ., & Damariswara, R. . (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Bermuatan Karakter Cinta Tanah Air. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 923–933. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2414

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>