Pengembangan Bahan Ajar Subtema Indahnya Keragaman Budaya Dinegeriku Untuk Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Pada Siswa Kelas IV SD
Keywords:
bahan ajar, keindahan keanekaragaman budaya di tanah air, karakter cinta tanah airAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan bahwa 30% siswa KKM dan 70% KKM, siswa yang kurang disiplin dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugas, berbicara tidak sopan, tidak peduli dengan kesulitan temannya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas pengembangan produk bahan ajar bagi siswa dengan subtema keindahan keanekaragaman budaya di tanah air untuk meningkatkan karakter cinta tanah air di Indonesia. siswa kelas IV SD tahun ajaran 2020/2021? Penelitian dan pengembangan (research and development) model ADDIE. Subyek 40 siswa. Lokasi penelitian adalah SDN Lirboyo 2 Kota Kediri. Teknik analisis analisis statistik. Disimpulkan bahwa: 1) Validitas pengembangan produk bahan ajar siswa subtema keindahan keanekaragaman budaya di tanah air untuk meningkatkan karakter cinta tanah air pada siswa, dengan skor 92-96 . 2) Keefektifan pengembangan produk bahan ajar siswa dengan subtema keindahan keanekaragaman budaya di tanah air untuk meningkatkan karakter cinta tanah air pada siswa, dengan rata-rata skor hasil tes siswa adalah 83,12 > 75 diatas KKM. 2) Kepraktisan pengembangan produk bahan ajar siswa dengan subtema keindahan keanekaragaman budaya di tanah air untuk meningkatkan karakter cinta tanah air pada siswa, dengan skor 88.
References
A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta.
Affandi. 2011. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Yayasan Bina. Pustaka Sarwono Prawirohardjo: Jakarta
Akdon, Riduwan. 2012. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta
Ardianti, S.D., Pratiwi, I.A., & Kanzunnudin, M.(2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Siswa. Jurnal Refleksi Edukatika. Jurnal Refleksi Edukatika, 7 (2), 145–150.
Aunillah, Nurla. 2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Laksana.
Basuki, Agus Rinto. 2013. “Tindak Tutur ‘Menolak’ dalam Bahasa Jawapada Masyarakat Jawadi Surakarta”. Jalabahasa. Volume 9, Nomer 2, Halaman 1-14.
Heru Purnomo, Insih Wilujeng. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Dan Instrumen Penilaian Ipa Tema Indahnya Negeriku Penyempurnaan Buku Guru Dan Siswa Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 4 (1), Januari 2016-78.
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sutijan. 2015. Pengembangan Instrumen Penilaian Pendidikan Karakter Terpadu. Jurnal FKIP UNS.Vo.18 No. 2.
Zubaedi, 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nella Audina Kusuma Citra, Alfi Laila,Rian Damariswara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.