Analisis Pendidikan Karakter dalam Literasi Budaya dan Kewargaan pada Seni Barongan

Authors

  • Dera Karisma Ningsih Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Pendidikan Karakter, Nilai Seni Barongan, Literasi Budaya dan Kewargaan

Abstract

Nilai-nilai moral yang ditanamkan dalam seni barongan yang dapat membangun karakter yang merupakan fondasi utama terbentuknya tatanan dalam masyarakat yang beradab dan sejahtera. Namun sekarang maraknya permasalahan siswa yang kurang mengenal budaya daerah masing-masing khususnya seni barongan. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memberikan alternatif cara dalam mengatasi masalah tersebut, yakni dengan meningkatkan literasi budaya dan kewargaan sebagai penguatan pendidikan karakter dalam seni barongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Prosedur pengumpulan data berupa wawancara dan observasi yang menggunakan teknik analisis data berupa teknik analisis taksonomi. Subyek penelitian ini siswa kelas 4 SDN Kalikejambon 1 Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang. Hasil penelitian yaitu menjelaskan nilai-nilai seni barongan dalam penguatan pndidikan karakter pada literasi budaya dan kewargaan. Adapun Nilai-nilai pendidikan karakter dalam seni barongan ditinjau dari makna-makna simbolnya yaitu: Religius, Toleransi, Disiplin dan Kerja keras, Kreatif, Semangat Kebangsaan dan Cinta Tanah Air, Tanggung Jawab sangat relevan dengan tujuan pendidikan.

References

Akhwani, M. A. R. (2021). Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 5.

Arismantoro. (2008). Tinjauan Berbagai Aspek ”Character Building” Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter. Tiara Wacana.

Athiyyatillah. (2009). Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Ibadah Solat. Skripsi, Fakultas Tarbiyah. UIN Malang, 126.

Ciptiningsih, C. (2017). NILAI MORAL PERTUNJUKAN BARONGAN RISANG GUNTUR SETO BLORA. Jurnal Seni Tari, 6.

Doni Koesoema A. (2007). Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Grasindo.

Deden Herdiana Altaftazani, Hana Sakura Putu Arga, Jajang Bayu Kelana, S. R. (2020). ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MEMBUAT SENI KOLASE MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID 19. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 7.

Purnomo, E. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12, 183–193.

Endah Dwi Wahyuningsih. (2019). PERTUNJUKAN BARONGAN GEMBONG KAMIJOYO KUDUS. Jurnal Seni Tari, 5.

H. M. Arifin. (1987). Filsafat Pendidikan Islam. Bumi Aksara.

Hasbullah. (1999). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Ilmi, Y., Indrawan, N., Studi, P., Pancasila, P., Kewarganegaraan, D. A. N., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2021). DALAM KESENIAN BARONGAN ( Studi Kasus pada Anak Anak di Sanggar Ridwan Cinta Seni Desa Todanan Kecamatan Todanan Kabupaten Blora Tahun 2019 ).

Irhamni. (2019). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jurnal Dinamika Sekolah Dasar, 54.

M. Furqan Hidayatulloh. (2012). Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Jurnal Pendidikan, 12.

M. Furqon Hidayatullah. (2010). Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Yuma Pressindo.

Mukhlison Effendi. (2008). Ilmu Pendidikan. STAIN Ponorogo Press.

Murniyetti, Engkizar, dan F. A. (2016). POLA PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Karakter, 6.

Najib Sulhan. (2010). Pendidikan Berbasis Karakter, Sinergi Antara Sekolah dan Rumah dalam Membentuk Karakter Anak. Jepe Press.

Noeng Muhadjir. (2000). Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial. Rake Sarasin.

Rachmadyanti, P. (2017). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI KEARIFAN LOKAL. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3.

Rasmuin, S. I. (2021). Strategi Implementasi Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Covid-19; Studi Kasus di MAN 2 Banyuwangi. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES). online: https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/ijies

Redja Mudyaharjo. (2001). Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan Pada Umumnya Dan Pendidikan Di Indonesia. Raja Grafindo Persada.

Rosala, D. (2016). PEMBELAJARAN SENI BUDAYA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM UPAYA MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Seni Dan Desain Serta Pembelajarannya, 2.

Rosidin, N. Al. (2019). NILAI – NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KESENIAN REYOG PONOROGO. Jurnal Al Adabiya, 14.

Sari, I. P. (2017). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING MENGGUNAKAN CLAROLINE. Research and Development Journal Of Education, 4.

Setiadi, E. M. (2006). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Kencana.

Thoha, C. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar.

Wahyu, R. (2008). Ilmu Budaya Dasar. Pustaka Setia.

Wahyudi, Ayu Titis Rukmana Sari, A. M. Q. (2021). Pelatihan Pembuatan dan Pemasaran Kerajinan Seni Barongan Di Desa Kalikejambon. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 4. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.29407/ja.v4i2.15590

Yahya Khan. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri, Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Pelangi Publishing.

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Karisma Ningsih, D. . (2022). Analisis Pendidikan Karakter dalam Literasi Budaya dan Kewargaan pada Seni Barongan. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 246–259. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1937

Issue

Section

Articles