Manajemen Pendidikan Bermasyarakat Pada Pembelajaran Online Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
manajemen, pendidikan bermasyarakat, siswa sekolah dasarAbstract
Penyelenggaraan pendidikan bermasyarakat dilakasanakan dengan tujuan untuk menjalakan hak dan kewajiban, saling menghormati antara satu dengan yang lain dalam kehidupan sehari-hari, yang mulai diajarkan sejak Sekolah Dasar, sesuai dengan Pasal 28J ayat (2) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yang menyebutkan bahwa dalam menjalankan hak asasi dan kebebasannya secara individu maupun kolektif, setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia lainnya dan wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan UUD, sesuai dengan pertimbangan moral, nilai-nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum dalam masyarakat yang demokratis. Di Sekolah seringkali menekankan materi pembelajaran dan kurang mengajarkan tata cara bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu peneliti bertujuan untuk mengajarkan pendidikan bermasyarakat, yang didasari atas kurang perhatiannya Sekolah dalam mengajarakan pendidikan bermasyarakat. Metode penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa penguatan pendidikan bermasyarakat terlaksana dengan maksimal, pelaksanaan pendidikan bermasyarakat, berjalan dengan baik melalui kegiatan kegiatan bersifat religius, penanaman sifat nasionalisme, peduli sosial dan kepedulian terhadap lingkungan.
References
Benninga, Jacques S. Berkowitz, Marvin W., Kuehn Phyllis, Smith
Karen.2003. The Relationship of Character Education Implemen
tation and AcademicAchievement Elementary Schools.Journal of
Research in Character Education, 1(1), 2003, pp. 19-32.
Berkowitz, Marvin W., Victor A. Battistich and Bier, Melinda C.2008.What Works in Character Education: What Is Known and What Needs to
Be Known dalam Handbook of Moral and Character Education. Routledge. New York.
Creswel, John. 2015. Riset Pendidikan; Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Hoy, Wayne K. 2014. Administrasi Pendidikan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
https://riniisparwati.com/hak-dalam-masyarakat
https://odevitaselly.wordpress.com/2013/03/28/.
Lukluk Isnaini, Rohmatun. 2016. Penguatan Pendidikan Bermasyarakat Siswa Melalui Manajemen Bimbingan dan Konseling Islam. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Volume I, Nomor 1, Mei 2016.
Narvaez, D. (2006). Integrative Ethical Education. In M. Killen & J. G. Smetana (Eds.), Handbook of Moral Education (pp. 703– 733). Mahwah, NJ and London: Erlbaum.
Nucci, Larry P & Narvaez, Darcia (editor).2008. Handbook of Moral and Character Education. Routledge. New York.
Salamah, Evi Rizqi. 2019. Penerapan Prinsip Belajar dan Aplikasinya Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar: Prosiding SEMDIKJAR. Volume 3. November 2019.
Salamah, Evi Rizqi.2018. Pengaruh Kultur Sosial Sosial terhadap Sistem Pendidikan. Prooceeding of The ICECRS. Volume 1, No 3, Tahun 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Evi Rizqi Salamah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.