Pengembangan Model Pembelajaran “Debat” Melalui (Spada) Mata Kuliah Ilmu Negara Untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa

Authors

  • Wikan Sasmita Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Etty Andyastuti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Agus Widodo Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

pengembangan, pembelajaran debat, spada, keaktifan

Abstract

Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dimaksudkan untuk mengembangkan kapasitas institusi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran debate learning dan meningkatkan ketrampilan HOTS yang dapat dihandalkan melalui pembelajaran pada SPADA di daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal pada massa Pandemi Covid 19. Metode penelitian adalah penelitian pengembangan (Research and Develoment) dengan mengadopsi prosedur Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Penelitian ini dilakukan hanya tiga tahapan: tahap analisis (analysis), tahap perencanaan (design), dan tahap pengembangan (development) hal ini dilakukan hanya dilakukan pengembangan model pembelajaran debat disesuaikan dengan dosen pengajar. Dari ke 34 mahasiswa menunjukkan: keaktifan, kecakapan berkomunikasi, pendapat disertai alasan, dan menghargai pendapat mahasiswa lain sangat bailk sehingga pengembangan ini dikatakan efektif digunakan. Besarnya presentase jumlah mahasiswa yang lulus mata kuliah sebesar 91,2 % sehingga dapat dikatakan bahwa secara keseluruahn mahasiswa telah mencapai kompetensi yang ditentukan. Pengembangan model pembelajaran debat learning dapat digunakan sebagai acuan dalam mengajar berikutnya.

References

Gusti Ayu Ketut Triana Febriyaningsih, Ni Nyoman Garminah, I Kadek Suarta. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Debat Aktif Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Siswa Kelas V SD. e-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 4 No 1 April Tahun 2016. 1-10.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/6938/4735.

Holmes, E.A., Arntz, A., & Smucker, M.R. 2011. Imagery rescripting in cognitive behaviour therapy: Images, treatment techniques and outcomes. Journal of Behavior Therapymand Experimental Psychiatry, 38: 297–305. www.elsevier.com/locate/jbtep

I Nyoman Gelgel Anom Sarwa Adi Widagda, I Nengah Suastika, I Wayan Lasmawan, 2020. Model Pembelajaran Debat Dalam Meningkatkan Kompetensi Berfikir Kritis Pada Pelajaran PPKn Siswa Kelas VIIIa Di SMP Negeri 6 Singaraja. Jurnal Media Komunikasi PPKn, Vol 2 No 2 Okt Tahun 2020: 235 – 246. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/JMPPPKn/index.

Laksana, Lilis Nur. 2017. Penerapan Model Debat Aktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di SMK Muhammadiyah 3 Ambulu. Repository Skripsi Unmuh Jember.

M. Yusuf Setia Wardhana, Silvia Trisnawati, 2016. Model Debat Aktif dan Media Dadu Kuis Untuk Mengembangkan Motivasi Belajar dan Ketrampilan Berfikir Kritis Siswa SD. e-jurnal PGSD – Universitas PGRI Semarang, Vol.6, No.2 Des Tahun 2016. 111-120. http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/1344/1150

Siberman, Melvin L. 2018. Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject (Allyne and Bacom, Boston, 1996). Terjemahan Raisul Muttaqien. Bandung: Penerbit Naunsa Cendekia.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Cetakan ke 1. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2021-12-28

How to Cite

Sasmita, W., Andyastuti, E., & Widodo, A. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran “Debat” Melalui (Spada) Mata Kuliah Ilmu Negara Untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa . Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 864–873. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2323

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)