Peningkatan Kualitas Pembelajaran Mata Kuliah PKN Berbasis Isu-Isu Kontroversial Untuk Mengembangkan Rasa Kebangsaan Melalui Lesson Study
Keywords:
Kualitas, pembelajaran, isu kontroversial, rasa kebangsaan, lesson studyAbstract
Pelaksanaan Lesson study pada program studi PPKn sebagai upaya peningkatan mata kuliah PKN (Kewiraan) yang dilaksankan secara kolaboratif dan terus menerus. Karena materinya yang sangat dinamis dan PKN adalah MK Umum yang harus disampaikan di setiap prodi serta melibatkan seluruh Dosen PPKn. Sehingga dalam implemantasinya tidak hanya berguna bagi mahasiswa PPKn tetapi lebih dari itu adanya kesamaan langkah dan persepsi bagi seluruh Dosen pengampu untuk terus mengembangkan proses pembelajaran yang berbasis PAIKEM. Di era globalisasi ini, ada sejumlah tantangan yang dihadapi Dosen dalam membentuk warga negara yang baik. Begitu banyaknya tantangan yang muncul, rasanya sudah saatnya kita merevitalisasi kembali materi pembelajaran PKN yang harusnya lebih mengedepankan nilai-nilai luhur Pancasila yang saat ini makin jauh dari kehidupan bangsa dan terutama anak-anak bangsa. Diantaranya adalah lunturnya nilai-nilai Cinta Tanah Air pada Mahasiswa kita. Sehingga nilai-nilai yang sifatnya Plural perlu diperkenalkan pada Mahasiswa serta pembentukan sikap kritis melalui pembelajaran berbasis isu (termasuk kebijakan) controversial. Upaya untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran pada mahasiswa sangat penting untuk terus dilakukan. Lesson studi termasuk upaya yang sangat tepat untuk menjawab tantangan tersebut karena disana terjadi saling interaksi, asah asih dan asuh antar dosen dari mulai plan, do dan see. Terkadang saling beda pendapat terjadi, tapi disitulah kemudian terjadi dinamika yang positif. Tujuan dari Lesson Study peningkatan terkait tujuan pembelajaran model isu-isu controversial untuk mengembangkan rasa kebangsaan pada Mahasiswa. Hasil dari kegiatan Lesson Study terbukti efektif dapat meningkatkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air termasuk sikap kritis mahasiswa.
References
Ariif, D. B. (2011). Pembudayaan Nilai-Nilai Pancasila pada Warga Negara Muda Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Kongres Pancasila Ke-3, 1–15. http://eprints.uad.ac.id/1769/1/Dikdik_Pembudayaan_Pancasila_melalui_PKn.pdf
Basit, A. (2016). PROSES PEMBELAJARAN PKN DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMAN 3 PROBOLINGGO Implementation of Problem Based Learning (PBL) on Civics Lesson in Improving the Creativity of Students at SMAN 3 Probolinggo. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 3(1), 1–9.
Muhibbin, A., & Sumarjoko, B. (2016). Model pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berbasis isu-isu kontroversial di media massa untuk meningkatkan sikap demokrasi mahasiswa dan implikasinya …. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1). http://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/2035
Permatasari, A. I., Sudarmiatin., & Mudiono, A. (2019). Proses Pembelajaran PKn Berbasis Lesson Study menggunakan Media Boneka Tangan pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 85—90–90. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Ratnawati, D. (2019). Esensi Lesson Study di Era 4.0. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 4(1), 24–30. https://doi.org/10.21831/dinamika.v4i1.24279
Suryanto, Agus Widodo, dan N. (1997). Pengembangan Model Pembelajaran Berlatar Isu Kontroversial Sebagai Penguatan Watak Kewarga Negaraan Mahasiswa. Plastics Engineering, LIII(8), 250–268.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nur Salim, Etty Andyastuti, Suratman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.