Hubungan Antara Perkembangan Karakter Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ppkn Peserta Didik Kelas X SMK PGRI 4 Kediri
Keywords:
Perkembangan Karakter, motivasi belajar, hasil belajarAbstract
Kebanyakan anak-anak memiliki motivasi yang rendah dalam belajar pelajaran di kelas, berdasarkan hasil pengamatan antusiasme siswa yang rendah di dukung pula dengan hasil belajar yang berada di bawah KKM. Hal demikian jika dibiasakan akan membudaya dan menjadi karakter jika diabaikan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan antara perkembangan karakter peserta didik dan motivasi dengan hasil belajar siswa SMK kelas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek siswa SMK kelas X. Instrumen penelitian berupa Kuesioner dan dokumen hasil belajar PPKn siswa. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya hubungan antara Perkembangan Karakter peserta didik dengan hasil belajar dengan nilai Signifikansi sebesar sebesar 0,933>0,05, sedangkan Terdapat hubungan antara motivasi dengan hasil belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,013<0,05 dengan kategori tingkat keeratan hubungan 0,270 yang berarti “lemah” dan hubungan antara variable motivasi, Perkembangan Karakter Peserta didik dengan Variabel Hasil belajar secara bersamaan sebesar 0,035<0,05 dengan R square sebesar 0,080 atau 8% dan tingkat keeratan sebesar 0,283 yang berarti “lemah”. Berdasarkan temuan penelitian ini akan dilakukan pembahasan lebih lanjut.
References
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
M, S. A. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mochtar, B. (2007). Pendidikan Antispatoris. Yogyakarta: Kanisius.
Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan Remaja. Bandung: Rosdakarya.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2014). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Vatnarias, Suratman, Etty Andyastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.