Hubungan Antara Perkembangan Karakter Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ppkn Peserta Didik Kelas X SMK PGRI 4 Kediri

Authors

  • Vatnarias Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Suratman Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Etty Andyastuti Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Perkembangan Karakter, motivasi belajar, hasil belajar

Abstract

Kebanyakan anak-anak memiliki motivasi yang rendah dalam belajar pelajaran di kelas, berdasarkan hasil pengamatan antusiasme siswa yang rendah di dukung pula dengan hasil belajar yang berada di bawah KKM. Hal demikian jika dibiasakan akan membudaya dan menjadi karakter jika diabaikan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan antara perkembangan karakter peserta didik dan motivasi dengan hasil belajar siswa SMK kelas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek siswa SMK kelas X. Instrumen penelitian berupa Kuesioner dan dokumen hasil belajar PPKn siswa. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya hubungan antara Perkembangan Karakter peserta didik dengan hasil belajar dengan nilai Signifikansi sebesar sebesar 0,933>0,05, sedangkan Terdapat hubungan antara motivasi dengan hasil belajar  dengan nilai signifikansi sebesar 0,013<0,05 dengan kategori tingkat keeratan hubungan 0,270 yang berarti “lemah” dan hubungan antara variable motivasi, Perkembangan Karakter Peserta didik dengan Variabel Hasil belajar secara bersamaan sebesar 0,035<0,05 dengan R square sebesar 0,080 atau 8% dan tingkat keeratan sebesar 0,283 yang berarti  “lemah”. Berdasarkan temuan penelitian ini akan dilakukan pembahasan lebih lanjut.

References

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

M, S. A. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mochtar, B. (2007). Pendidikan Antispatoris. Yogyakarta: Kanisius.

Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan Remaja. Bandung: Rosdakarya.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2014). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-12-17

How to Cite

Vatnarias, V., Suratman, S., & Andyastuti, E. . (2021). Hubungan Antara Perkembangan Karakter Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ppkn Peserta Didik Kelas X SMK PGRI 4 Kediri. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 576–583. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1603

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)