DAKORA (Dakon Cerita Rakyat) Sebuah Solusi Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa SMK

Authors

  • Alhamro' Andalusia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Restu Dwi Ariyanto Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

karakter, tanggung jawab, game dakon

Abstract

Pendidkan karakter sudah dijalankan di Indonesia sejak tahun 2010 dan hingga saat ini. Dalam karakter ada beberapa nilai-nilai yang dapatdi pelajari oleh siswa salah satunya adalah nilai karakter tanggung jawab. Pada karakter tanggung jawab ini sangat penting dalam lembaga sekolah guna membentuk karakter dimasa depan. Saat ini sangat sedikit kesadaran dan hingga hilangnya karakter tanggung jawab pada siswa.berdasarkan data lapangan ditemukan fakta terkait nilai karakter tanggung jawab yang turun seperti: tidak mengumpulkan tugas pelajaran, tidak mengikuti zoom meeting,dan sering mementingkan kegiatan diluar sekolah daripada tugas sekolah. Tujuan artikel ini membahas tentang inovasi media berupa DAKORA (Dakon Cerita Rakyat) yang digunakan untuk meningkatkan karakter tanggung jawab siswa. Kajian artikel ini membahas definisi, manfaat dalam belajar untuk meningkatkan karakter tanggung jawab siswa. Hasil dari kajian ini antara lain : 1) karakter tanggung jawab; 2) manfaat karakter tanggung jawab; 3) prototipe Game dakon.

References

Risma Mila Ardila, Nurhasanah, Moh Salimi. (2019). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Pembelajarannya di Sekolah. Universitas Sebelas Maret.

Ni’matul Maolia, Dhi Bramasta, Ana Andriani. (2019). Sikap Toleransi dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V SD Negeri 1 Patikraja. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Volume 9 Nomor 1.

Astutik Sulaiman. (2019). Penerapan Media Permainan Dakon Dalam Peningkatan Hasil Belajar Berhitung Siswa Kelas 1 SD Al-Amin Surabaya. PGSD FIP. Universitas Negeri Surabaya.

Yudha Pradana. (2016). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Politeknik Negari Media Kreatif Jakarta.

Ririn Ayu Wulandari. (2019). Sastra Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. PPs Universitas Negeri Medan.

Septi Wahyu Utami. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Universitas PGRI Semarang.

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Andalusia, A., & Dwi Ariyanto, R. . (2022). DAKORA (Dakon Cerita Rakyat) Sebuah Solusi Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa SMK. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 276–282. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1943

Issue

Section

Articles