Urgensi Authentic Assessment Dalam Praksis Belajar Dari Rumah (BDR) Melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Darurat Covid-19

Authors

  • Atrup Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

urgensi, asesmen, autentik

Abstract

Belajar dari rumah (BDR) melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang terkesan ‘mendadak’ akibat pandemik covid-19 mengharuskan guru dapat beradaptasi dengan ekosistem pembelajaran yang baru, termasuk di antaranya dalam melaksanakan asesmen capaian hasil pembelajaran. Authentic Assessment (AA) merupakan asesmen yang meminta peserta didik untuk melakukan tugas dan kegiatan dalam dunia nyata di kehidupan sehari-hari yang menunjukkan penerapan pengetahuan, keterampilan, dan sikap tertentu. Artikel ini berusaha untuk mendeskripsikan urgensi AA dalam praksis BDR-PJJ darurat covid-19 agar kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru dapat lebih bermakna. Hasil kajian diharapkan dapat membantu guru dalam membuat perencanaan dan pelaksanaan AA secara tepat.

References

Atrup (2020). “Penerapan Authentic Assessment dalam PJJ-BDR Masa Pandemik Covid-19” Kediri: Makalah Disampaikan dalam Webinar dan Workshop Nasional Kerjasama PGRI Kota Kediri, PGRI Kab. Banyuwangi, Perti-PGRI dengan Smart Training tema: Pengembangan Model Asesmen PJJ-BDR Masa Pandemik Covid-19 tanggal, 3-6 Oktober 2020

Atrup (2008). “Pengembangan Program Pembelajaran Berdasarkan Model Accelerated Learning (MAL) Sains Kelas V Sekolah dasar”, Malang: Disertasi S3-UM, Tidak Dipublikasikan

Atrup dan Puspitarini, I. Y. D. (2021). “Efektivitas PJJ-BDR Masa Pandemik Covid-19”, Kediri: Makalah, Disajikan dalam Webinar dan Workshop Nasional” tema: Satu Tahun PJJ-BDR SLCC-APKS PGRI Kota Kediri tanggal, 29-31 Maret 2021

Dirjen. GTK., (2020). Panduan Pembelajaran Jarak-Jauh: Bagi Guru Selama Sekolah Tutup dan Pandemi Covid-19 dengan Semangat Merdeka belajar, Jakarta: Kemendikbud. RI

Kamdi, W. (2020). “Mengoptimalkan Belajar dari Rumah”, Kediri: Makalah, Disampaikan dalam Webinar dan Workshop Nasional tema: Implementasi Pembelajaran Era New Normal, Kerjasama Smart Training dengan PGRI Kota Kediri, 4-6 Juli 2020

Kurniawati, D.; Zulfiani; Juningsih, N. (2014). “Profil Penggunaan Authentic Assessment dalam Pembelajaran Biologi di Madrasah Aliyah Se-Kota Bogor“, dalam EDUSAINS, VI (01) Tahun 2014p. 42-48

Mendikbud. RI., (2020). Surat Edaran (SE) Nomor: 4/2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19), Jakarta: Kemendikbud. RI

Pusdatin, Kemendikbud. RI (2020). Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR yang Memanfaatkan Rumah Belajar, Jakarta: Kemendikbud. RI

Sesjen. Kemendikbud. RI (2020). Surat Edaran (SE) Nomor: 15/2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), Jakarta: Kemendikbud. RI

Sridharan, B.; Mustard, J. (2019). “Authentic Assessment Methods: A Practical Handbook for Teaching Staff Part-I Deakin University”, Australian Chatolic University, p. 1-49

Subekti, L. (2020). “Pengembangan Asesmen Masa Pandemi Covid-19” Kediri: Makalah, Disampaikan dalam Webinar dan Workshop Nasional Kerjasama PGRI Kota Kediri, PGRI Kab. Banyuwangi, Perti-PGRI dengan Smart Training tema: Pengembangan Model Asesmen PJJ-BDR Masa Pandemik Covid-19 tanggal, 3-6 Oktober 2020

Downloads

Published

2021-12-17

How to Cite

Atrup, A. (2021). Urgensi Authentic Assessment Dalam Praksis Belajar Dari Rumah (BDR) Melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Darurat Covid-19. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 530–537. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1597

Issue

Section

Articles