Penerapan Konseling Kognitif Behavioral (CBT) Di Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.29407/tgn50q27Keywords:
sekolah menengah pertama, Konseling Kognitif Behavioral (CBT).Abstract
Kesehatan mental peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) menjadi isu krusial seiring meningkatnya tekanan psikososial yang dialami remaja awal, seperti kecemasan, stres, dan rendahnya harga diri. Artikel ini bertujuan mengkaji secara konseptual penerapan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) sebagai pendekatan strategis dalam layanan konseling sekolah. Kajian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan konseptual-teoretis, yang mengintegrasikan hasil-hasil penelitian terdahulu dan teori psikologi perkembangan serta psikoterapi kognitif. Temuan menunjukkan bahwa CBT efektif membantu siswa SMP dalam mengenali pikiran otomatis negatif, mengelola stres, serta memperkuat regulasi emosi dan harga diri. CBT juga fleksibel untuk diadaptasi dalam kurikulum sekolah dan sensitif terhadap konteks budaya serta spiritual lokal.
References
Beck, A. T. (1976). Cognitive therapy and the emotional disorders.
Desna, F. R. (2023). Efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik CBT dalam mengurangi perilaku bullying pada peserta didik kelas VIII di SMP. REALITA: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 55–64. https://repository.radenintan.ac.id/29034/
Gkintoni, E., Vantaraki, F., Skoulidi, C., Anastassopoulos, P., & Vantarakis,
A. (2024). Gamified Health Promotion in Schools: The Integration of Neuropsychological Aspects and CBT—A Systematic Review. Medicina (Lithuania), 60(12), 6847–6856.1568
https://doi.org/10.3390/medicina60122085
Judith S. Beck. (2011). COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY Basics and Beyond SECOND EDITION. In THE GUILFORD PRESS New York London.
Kamila, A., Widodo, P. B., Listiara, A., Psikologi, F., Diponegoro, U., &
Tengah, J. (2024). Sistem Literatur pada Efektivitas Program Konseling Berbasis Psikoterapi Kognitif-perilaku dalam Mengatasi Kesehatan Mental Siswa 1,2,3. 12(2), 20–37.
Marwing, A. (2018). Developing a Model of Cognitive Psychotherapy Based on Indonesia Islamic’ Values on Terrorist. Islam Realitas: Journal of Islamic & Social Studies, 4(1), 86.
https://doi.org/10.30983/islam_realitas.v4i1.739
Noviyanti, T., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2023). Pengembangan panduan konseling CBT teknik kognitif dispute serta modeling untuk meningkatkan self-efficacy kesehatan reproduksi siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 22. https://doi.org/10.29210/1202322635
Riskesdas. (2018). Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Rita Kencana. (2016). TEORI PSIKOSOSIAL ERIK H. ERIKSON DAN
RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Oleh:
Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 1–23.
Westbrook. D., K. H. & K. J. (2008). (2008). Westbrook, D., Kennerley, H. &
Kirk, J. (2007) An introduction to cognitive behaviour therapy: skills & applications Published by Sage © 2008 -. 2007.
WHO. (2021). Adolescent mental health. World Health Organization. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/adolescent-mentalhealth
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Raditya Ibnu Prahitna, Atrup

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
