Penerapan Konseling Kognitif Behavioral (CBT) Di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Raditya Ibnu Prahitna Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Atrup Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/tgn50q27

Keywords:

sekolah menengah pertama, Konseling Kognitif Behavioral (CBT).

Abstract


Kesehatan mental peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) menjadi isu krusial seiring meningkatnya tekanan psikososial yang dialami remaja awal, seperti kecemasan, stres, dan rendahnya harga diri. Artikel ini bertujuan mengkaji secara konseptual penerapan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) sebagai pendekatan strategis dalam layanan konseling sekolah. Kajian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan konseptual-teoretis, yang mengintegrasikan hasil-hasil penelitian terdahulu dan teori psikologi perkembangan serta psikoterapi kognitif. Temuan menunjukkan bahwa CBT efektif membantu siswa SMP dalam mengenali pikiran otomatis negatif, mengelola stres, serta memperkuat regulasi emosi dan harga diri. CBT juga fleksibel untuk diadaptasi dalam kurikulum sekolah dan sensitif terhadap konteks budaya serta spiritual lokal.

References

Beck, A. T. (1976). Cognitive therapy and the emotional disorders.

Desna, F. R. (2023). Efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik CBT dalam mengurangi perilaku bullying pada peserta didik kelas VIII di SMP. REALITA: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 55–64. https://repository.radenintan.ac.id/29034/

Gkintoni, E., Vantaraki, F., Skoulidi, C., Anastassopoulos, P., & Vantarakis,

A. (2024). Gamified Health Promotion in Schools: The Integration of Neuropsychological Aspects and CBT—A Systematic Review. Medicina (Lithuania), 60(12), 6847–6856.1568

https://doi.org/10.3390/medicina60122085

Judith S. Beck. (2011). COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY Basics and Beyond SECOND EDITION. In THE GUILFORD PRESS New York London.

Kamila, A., Widodo, P. B., Listiara, A., Psikologi, F., Diponegoro, U., &

Tengah, J. (2024). Sistem Literatur pada Efektivitas Program Konseling Berbasis Psikoterapi Kognitif-perilaku dalam Mengatasi Kesehatan Mental Siswa 1,2,3. 12(2), 20–37.

Marwing, A. (2018). Developing a Model of Cognitive Psychotherapy Based on Indonesia Islamic’ Values on Terrorist. Islam Realitas: Journal of Islamic & Social Studies, 4(1), 86.

https://doi.org/10.30983/islam_realitas.v4i1.739

Noviyanti, T., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2023). Pengembangan panduan konseling CBT teknik kognitif dispute serta modeling untuk meningkatkan self-efficacy kesehatan reproduksi siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 22. https://doi.org/10.29210/1202322635

Riskesdas. (2018). Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Rita Kencana. (2016). TEORI PSIKOSOSIAL ERIK H. ERIKSON DAN

RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Oleh:

Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 1–23.

Westbrook. D., K. H. & K. J. (2008). (2008). Westbrook, D., Kennerley, H. &

Kirk, J. (2007) An introduction to cognitive behaviour therapy: skills & applications Published by Sage © 2008 -. 2007.

WHO. (2021). Adolescent mental health. World Health Organization. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/adolescent-mentalhealth

Downloads

Published

2025-07-19

Issue

Section

Articles

How to Cite

Penerapan Konseling Kognitif Behavioral (CBT) Di Sekolah Menengah Pertama. (2025). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 8, 1564-1568. https://doi.org/10.29407/tgn50q27

Similar Articles

1-10 of 197

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)