Teknik Modeling Simbolis (Alternatif Strategi Pelaksanaan Layanan Konseling di Sekolah)

Authors

  • Elisabeth Ayu Febrianti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rosalia Dewi Nawantara Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

modeling simbolis, konseling, sekolah

Abstract

Teknik modeling simbolis merupakan salah satu teknik yang digunakan dalam layanan konseling di sekolah. Namun, belum banyak guru BK/Konselor yang menerapkan teknik dalam pendekatan layanan di sekolah dan pelaksanaan layanan konseling di sekolah masih terbatas. Dalam penerapannya, masih minim dilaksanakan oleh guru BK/Konselor. Sebagian besar guru BK masih bingung tentang teknik apa yang akan digunakan dalam pemberian layanan konseling di sekolah. Yang dapat kita ketahui dalam pemberian layanan konseling di sekolah, guru BK hanya memberikan nasihat dan tidak ada cara yang efektif untuk memberikan suatu layanan konseling. Oleh karena itu, konseling behavioral menawarkan teknik yang disebut sebagai modeling simbolis yang dapat digunakan dalam memberikan layanan konseling. Teknik  modeling simbolis merupakan salah satu alternatif dalam memberikan layanan konseling di sekolah. Tujuan penulisan artikel konseptual adalah untuk memberikan informasi tentang layanan teknik modeling simbolis khususnya di sekolah. Teknik modeling simbolis adalah suatu model pembelajaran yang berupa penokohan atau model melalaui gambar, rekaman video, rekaman audio, film/slide yang mempengaruhi konseli sehingga mendorong konseli untuk meniru tingkah laku model yang disajikan baik melalui film/video atau gambar.

References

Nawantara, R. D., Mappiare-AT, A., & Radjah, C. L. (2016). Perbedaan Komitmen Tugas Siswa Smp Dalam Penerapan Teknik Reframing Dan Self Instruction. Jurnal Pendidikan Humaniora, 4(4), 193-199.http://journal.um.ac.id/index.php/jph/article/view/8216/3792

Arofah, L., & Nawantara, R. D. 2018. Pengembangan Panduan Solution Focused Brief Counseling Untuk Guru BK Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kota Kediri. Jurnal Bikotetik, 2(01), 100-104. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jbk/article/.

Cervon, D. & Pervin L.A 2001. Personality Theory and Research. Amazon: John Wilwy and Sons. Inc.

Komalasari, Wahyu & Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks

YULIA, A., & Bunu, H. Y. 2019. Penerapan Teknik Modeling Simbolis Dalam Pengembangan Perencanaan Karier Siswa SMPN 6 Palangka Raya (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS PALANGKA RAYA).

Febrini, D., Amaliah, A., & Niswah, N. 2020. Bimbingan Dan Konseling di Sekolah (Praktik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bengkulu).

Widiyawati, I. 2015. Pengaruh Teknik Modeling Simbolis Terhadap Minat Kewirausahaan Bidang Tata Busana Siswa Smk Negeri 7 Purworejo Kabupaten Purworejo. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(3).

Downloads

Published

2022-07-01

How to Cite

Ayu Febrianti, E. ., & Dewi Nawantara, R. . (2022). Teknik Modeling Simbolis (Alternatif Strategi Pelaksanaan Layanan Konseling di Sekolah). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 40–47. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1916

Issue

Section

Articles