Mengatasi Kecanduan Game Online Lewat Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal Jawa

Authors

  • Zahra Zhafira Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Guruh Sukma Hanggara Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nora Yuniar Setyaputri Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/bm1arv24

Keywords:

kecanduan game online, pendiidkan karakter, budaya jawa, kearifan lokal

Abstract

Kecanduan game online telah menjadi tantangan serius dalam dunia
pendidikan, khususnya di kalangan peserta didik usia sekolah. Masalah ini tidak
hanya berdampak pada prestasi akademik, tetapi juga mengganggu
perkembangan karakter, seperti lemahnya kontrol diri, tanggung jawab, dan etika
sosial. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara konseptual bagaimana
pendekatan pendidikan karakter berbasis budaya lokal, khususnya budaya Jawa,
dapat digunakan sebagai solusi alternatif dalam mengatasi kecanduan game
online. Nilai-nilai luhur seperti eling lan waspada, sabar lan narimo, unggah
ungguh, dan gotong royong menjadi landasan etis yang dapat diintegrasikan dalam
proses pembelajaran maupun konseling di sekolah. Dengan pendekatan ini,
peserta didik tidak hanya diajarkan untuk bijak menggunakan teknologi, tetapi juga
diarahkan untuk membentuk kepribadian yang tangguh, reflektif, dan berakar pada
kearifan lokal. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter yang
berbasis budaya lokal tidak hanya memperkuat identitas budaya, tetapi juga
relevan dalam menjawab tantangan di era digital.

 

References

Hurlock, E. B. (1990). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (Istiwdiyanti & Soedjarwo, Trans.). Erlangga. Retrieved from

https://www.google.co.id/books/edition/Psikologi_Perkembangan/

Koentjaraningrat. (2004). Kebudayaan, mentalitas dan pembangunan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Retrieved from https://www.example.com/kebudayaan-mentalitas-pembangunan

Nurhayati, T., & Mahmud, A. (2021). Internalization of character values through school culture: A study on Lickona’s character education concept.

Journal of Education and Learning, 15(2), 112–121.

https://doi.org/10.11591/edulearn.v15i2.20221

Rachmawati, Y., & Zulela, M. S. (2020). Penguatan karakter siswa di era digital melalui budaya lokal. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 123–132. https://doi.org/10.21009/JPD.X11.2.04

Setyaputri, N. Y. (2024). Karakter ideal konselor multi budaya berdasarkan nilai luhur Semar. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(2), 58–65. Tersedia di: https://citeus.um.ac.id/jkbk/vol2/iss2/151563

Setyaputri, N. Y., Ariyanto, R. D., Hanggara, G. S., Sancaya, S. A., & Ayuningtyas, P. (2022). Peningkatan keterampilan ICT untuk guru BK melalui pelatihan konten layanan digital berbasis nilai-nilai kearifan lokal. Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 94–101. https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/86/64

Suryadi, A. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30144

Widyastuti, E., & Wardani, S. (2021). Kearifan Lokal Jawa sebagai Sumber Pendidikan Karakter. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(2), 425–436. https://doi.org/10.21831/cp.v40i2.38912

Downloads

Published

2025-07-19

Issue

Section

Articles

How to Cite

Mengatasi Kecanduan Game Online Lewat Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal Jawa. (2025). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 8, 1556-1563. https://doi.org/10.29407/bm1arv24

Similar Articles

1-10 of 201

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)