Peran Kearifan Lokal Dalam Membangun Pendidikan Karakter Mahasiswa Untuk Menyelesaikan Tantangan Akademik
DOI:
https://doi.org/10.29407/x7pnaj22Keywords:
pendidikan karakter, mahasiswa, tantangan akademikAbstract
Pendidikan karakter merupakan fondasi penting dalam membentuk kepribadian mahasiswa di era globalisasi. Mahasiswa dihadapkan pada berbagai tantangan akademik yang tidak hanya menuntut kemampuan intelektual, tetapi juga kedewasaan sikap, ketangguhan, dan integritas. Kearifan lokal, sebagai sistem nilai yang hidup dalam masyarakat, mengandung prinsip-prinsip luhur seperti tanggung jawab, gotong royong, kejujuran, dan pantang menyerah. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara konseptual bagaimana kearifan lokal dapat berperan dalam membangun pendidikan karakter mahasiswa sehingga mereka mampu menghadapi dan menyelesaikan tantangan akademik secara efektif. Penanaman nilai-nilai lokal dalam proses pembelajaran dan kehidupan kampus dinilai mampu memperkuat identitas budaya serta meningkatkan resiliensi mahasiswa dalam dunia akademik yang kompetitif.
References
Haryatmoko. (2007). Etika Politik dan Kekuasaan. Jakarta: Kompas.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendikbud.
Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, L.J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Naim, N., & Sauqi, A. (2010). Character Building: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suyanto, S. (2013). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Tilaar, H.A.R. (2002). Multikulturalisme: Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dinda Riski Angelia, Setya Adi Sancaya, Yuanita Dwi Krisphianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
