Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Relief Bubuksah-Gagangaking di Candi Surowono
Keywords:
Candi Surowono, Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Relief Bubuksah-GagangakingAbstract
Pembelajaran sejarah merupakan suatu pembelajaran yang menyenangkan. Latar belakang penelitian ini adalah karena kurangnya pemahaman nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam kehidupan bermasyarakat yang merupakan salah satu akibat dari globalisasi atau perkembangan zaman. Oleh karenanya hal tersebut harus segera di atasi dengan cara menumbuhkan kembali nilai-nilai Pendidikan karakter melalui kearifan lokal di Candi Surowono Kediri tentang cerita dalam relief Bubuksah-Gagangaking. Tujuan dari penelitian ini adalah mendalami nilai-nilai Pendidikan karakter yang terkandung dalam relief Bubuksah-Gagangakaing di Candi Surowono sehingga dapat diperkenalkan kepada generasi muda agar dapat belajar melalui sebuah cerita yang bisa membekas di hati generasi muda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Dimulai dari tahapan mendeskripsikan, menganalisis dan membandingkan. Untuk membentuk karakter yang baik, peserta didik dapat belajar serta menerapkan nilai-nilai teladan yang terkandung dalam relief Bubuksah-Gagangaking. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam relief Bubuksah-Gagangaking terdapat nilai-nilai pendidikan karakter diantaranya religious, toleransi, kerja keras, demokratik, cinta damai dan peduli sosial.
References
Adi susilo, Soetarjo.2014. Pembelajaran Nilai Karakter (Konstruktivis dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajan Afektif). Jakarta: RajawaliPress
Asmani, J. M (Eds). 2013. Buku Panduan Intrenalisasi Pendidikan Katrakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press
Lalu, M. 2018. Makna Motif Relief Dan Arca Candi Surowono Dan Candi Tegowangi Situs Kerajaan Kadiri. Malang: Dream Litera Buana
Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasi secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Pusat Kurikulum Balitbang Kemdiknas. 2010. Pengembangan dan Pendidikan Budaya & Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah, Jakarta: Puskur Balitbang Kemdiknas
Sahlan, A dan Angga Teguh, P. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyana, R. 2011. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Mursyid, S. 2016. Konsep Toleransi (Al-Samahah) antar Umat Beragama Perspektif Islam. Jurnal AQLAM. https://media.neliti.com/media/publications/240915-konsep-toleransi-al-samahah-antar-umat-b-3d857d3a.pdf
Santoso, R. 2020. Membangun Toleransi Umat Beragama di Indonesia Berdasarkan Konsep Deklarasi Kairo. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo https://ejournal.balitbangham.go.id/index.php/ham/article/download/1210/pdf
Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2012. Yogyakarta: Laksana
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Alkari, Ferry Ferdian, Nara Setya Wiratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.